Friday 28 April 2017

Eksotisnya Panorama Alam di Tempat Wisata Punthuk Mongkrong Magelang

Wisata Magelang - Magelang, merupakan salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Tengah yang sangat banyak memiliki referensi tempat wis... thumbnail 1 summary
Wisata Magelang - Magelang, merupakan salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Tengah yang sangat banyak memiliki referensi tempat wisata yang sangat menarik untuk dieksplor dan dikunjungi, seperti salah satunya situs warisan dunia yaitu Candi Borobudur, tetapi yang sedikit disayangkan kebanyakan orang salah memahami bahwa jika Candi Borobudur itu masih masuk kedalam wilayah Jogja padahal sebenarnya Candi Borobudur itu sendiri berada di Magelang. Hehe sedikit mengingatkan saja. Oh iya Tetapi masih banyak tempat wisata lebih menarik lainna seperti wisata Punthuk Mongkrong.

foto oleh Ig @yo.jie

Wisata Punthuk Mongkrong merupakan wisata puncak perbukitan yang memiliki ketinggian 624 mdpl dan dikelola atau dikembangkan oleh masyarakat desa di lereng perbukitan Menoreh kabupaten Magelang, yang memiliki panorama keindahan alam yang sangat luarbiasa indahnya. Punthuk Mongkrong merupakan punthuk tertinggi diantara punthuk lain seperti Punthuk Setumbu, Punthuk Sukmojoyo, dan Punthuk Gupakan.

foto oleh Ig @iamfirma

Baca Juga : Menikmati Indahnya Panorama Wisata Air Terjun Sekar Langit Magelang.


Seperti punthuk lainnya yang ada di Magelang, Punthuk Mongkrong juga menawarkan panorama pemandangan alam yang sangat menawan dan pasti dapat membius mata kita, seperti halnya kita bisa melihat sunrise dan sunset, pegunungan yang dibalut kabut tipis dan juga rimbunnya pepohonan disekitaran wilayah punthuk.

foto oleh Ig @aulyadianp

Sunrise dan sunset tersebut akan semakin menawan karena dilatarbelakangi dengan kemegahan Candi Borobudur, Punthuk Sukmojoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Pegunungan Menoreh. Untuk dapat menikmati panorama Sunrise yang menawan tersebut, saya sarankan kalian bisa datang lebih pagi atau sekitar jam 4 atau kalian bisa juga membuat sebuah tenda diatas punthuk.

Lokasi Tempat Wisata Punthuk Mongkrong


Untuk Lokasi Punthuk Mongkrong sendiri berada di area perbukitan sebelah barat daya Taman Wisata Candi Borobudur tepatnya di perbukitan Menoreh wilayah kabupaten Magelang, atau lebih tepatnya berada di Dusun Mijil, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Tempat Wisata Punthuk Mongkrong


Untuk Rute menuju Punthuk Mongkrong jika kalian dari arah Candi Borobudur ambil arah menuju ke Majaksingi. Saat memasuki perempatan ambil jalan ke kanan menuju perempatan Gunden. Dari perempatan Gunden tersebut pilihlah jalan menuju ke kiri menuju ke arag Giritengah. Nah nanti papan petunjuk arah menuju ke Punthuk Mongkrong Magelang sudah bisa kalian temukan disekitar Balai Desa Giritengahkalian tingal menikuti papan tersebut.

foto oleh Ig @intanpus_pita97

Tiket Masuk Tempat Wisata Punthuk Mongkrong


Bagi kalian yang ingin menikmati keindahan wisata Punthuk Mongkrong, kalian cukup membayar retribusi tiket sebesar Rp 3.000/orang dan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000

4 comments