Friday 17 February 2017

13 Wisata curug atau air terjun di Purworejo

Purworejo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Yogyakarta . Kota ini merupa... thumbnail 1 summary
Purworejo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Yogyakarta . Kota ini merupakan kota yang sedang berkembang, wilayah Purworejo sendiri hampir 70 % terdiri dari pegunungan dan 30% lainnya merupakan dataran. Jadi pastinya banyak potensi alam yang dapat dijadikan sebagai objek wisata, seperti yang akan saya ekplor berikut beberapa curug atau air terjun yang ada di Kota Purworejo

1. Curug Muncar
Curug Muncar ini merupakan salah satu objek wisata di purowrejo yang masih alami dan pastinya asri. Air terjun tersebut berada di pegunungan dengan ketinggian 900 . Namun untuk menuju ke loaksi wisata tersebut di butuhkan sedikit perjuangan melewati lembah dengan berjalan kaki. Tapi semua akan terbayarkan jika kita sudah sampai di curug muncar karena kita akan disuguhkan dengan derasnnya air dari atas pegunungan dan tentunnya pemandangan nan elok, sayangnnya tempat ini belum terlalu banyak fasilitas pendukung jadi sangat disayangkan sekali. Tapi buat para pecinta traveler curug ini sangat direkomendasikan. Wisata ini berada di Kecamatan Bruno, Purworejo.

curug Muncar (Ig @abdaurizki)

2. Curug Silangit 
Purworejo Curug Silangit merupakan tempat wisata di Purworejo yang menjadi aset wisata kota Purworejo. Dinamakan Curug Silangit karena ketinggian curug ini mencapai 50 meter yang dibagi atas 3 tingkatan curug. Pada curug paling atas setinggi 30meter, curug kedua dan ketiga memiliki tinggi yang sama yaitu 10 meter. Tapi jika anda bermain air di sekitar curug ini sebaiknya hati-hati karena jika anda tidak bisa berenang sebaiknya anda bermain di tepian saja. Curug ini dikenal memiliki kedalaman kedung yang sangat dalam. Akses ke Curug Silangit dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dan letaknya pun mudah dijangkau karena lokasinya berada di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.
 
Curug Silangit (telusurindonesia.com)
3. Curug Gunung Putri 
Air terjun atau dalam bahasa Jawa lebih dikenal dengan "curug" memang selalu menarik hati untuk dinikmati. Terlebih kalau air terjunnya dipadukan dengan rerumputan dan pepohonan hijau yang nampak memukau mata. Curug Gunung Putri adalah salah satunya. Wisata alam tersembunyi ini terletak di Kecamatan Bruno, tepatnya di desa Cipedak. Jalur menuju curug ini memang agak susah diakses karena letaknya yang kurang lebih 20 km dari pusat kota Purworejo. Curung Gunung Putri adalah objek wisata air terjun yang berlokasi di tengah lebatnya hutan pinus. Rasa lelahmu atas perjalanan menuju air terjun ini, dijamin akan segera lunas terbayar setelah menikmati indahnya alam di Curug Gunung Putri ini.
Curug Gunung Putri (cepedaknews.com)

4. Curug Abang Purworejo 
Curug Abang ini merupakan salah satu curug atau air terjun yang berada di Desa Wonosuko, Kecamatan Kemiri. Kalo air terjun yang satu ini lokasinya sangat mudah dijangkau oleh pengunjung karena letaknya dengan jalan raya hanya sekitar 200meter saja. Keindahan air terjun ini terdapat dalam ornamen dinding atau tebing disekitar air terjun yang berwarna merah sehingga namanya menjadi curug Abang atau merah. Dan disekitar lokasi terdapat banyak hutan pinus yang indah, jadi sangat disayangkan jika sedang ke Purworejo tidak mengnjungi tempat yang satu ini.
Curug abang (harianpurworejo.com)
 
5. Curug Nabag 
Curug ini masih sangat sepi pengunjung hal ini sangat disayangkan sekali kebanyakan alam yang ada di Purworejo ini tidak terlalu didukung oleh Pemerintah Daerah sehingga tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, padahal air terjun ini sangat prospek sekali untuk menjadi salah satu destinasi wisata di Purworejo selain wisata pantai. Air terjun yang masih asri ini memang memerlukan perjuangan untuk sampai disana tetapi rasa capek kalian akan dibayar lunas oleh pemandangan eksotis yang ditawarkan sepanjang jalan ke curug nabag. Curug nabag ini berlokasi di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.
Curug Nabag (backpakerjakarta.com)
 
6. Curug Purbayan kemiri
Wisata Curug Purbayan di Kemiri Purworejo Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata air terjun yang cukup diminati oleh para pengunjung dan juga sudah cukup terekspos oleh para traveler sehingga air terjun ini jika hari libur tiba atau hari-hari biasa banyak wisatawan yang menikmati indahnya air terjun atau curug purbayan ini. Wisata Curug Purbayan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota purworejo tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Lokasi curug purbayan berada di desa kemiri, Kecamatan purworejo, Kabupaten purworejo, Provinsi jawa tengah.
Curug Purbayan (fajarbeve07.blogspot)

7. Curug Tawing 
Dalam bahasa setempat curug berarti air terjun dan tawing adalah tebing. Curug Tawing merupakan air terjun yang berasal dari tebing, begitulah kira-kira arti nama air terjun cantik ini. Pada akhir pekan dan hari libur biasanya ada anak-anak muda yang hobi traveling mengunjungi tempat ini untuk sekedar melepaskan kepenatan dengan kegiatan sehari-hari yang cukup melelahkan. kealamian air terjun ini masih sangat terjaga. Curug Tawing punya mitos yang menyebutkan siapa saja yang meminum atau mandi dengan airnya maka bisa awet muda dan diberi kesehatan. Tidak jauh dari air terjun traveler juga bisa mengunjungi Gua Anjani.
curug Tawing (imgrum.net) 

8. Curug Kiyaikate 
Curug Kyai Kate terletak di desa Gunung Condong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Curug yang dikelilingi tebing dengan hutan pinus dan beberapa tumbuhan rimbun lainnya ini adalah curug yang cukup deras dengan aliran sungai. Rute menuju lokasi cukup mudah tapi juga lumayan jauh, banyak hal yang bias kalian lakukan dicurug ini seperti bermain air dan berfotoria, dan curug Kyai Kate juga biasa digunakan sebagai spot memancing oleh, jadi untuk kalian yang hobi memancing bisa dicoba memancing sambil menikmati derasnya curug Kyai Kate.
curug Kiyaikate (travelingyuk.com)

9. Curug Kaliurip 
Curug Kaliurip sesuai namanya curug atau air terjun ini terletak di Desa Kaliurip kecamatan kemiri. curug ini memamg tidak sederas curug lainnya tapi pemandangan disekitar curug atau air terjun sangat asri dan menenangkan hati dan pikiran curug ini memiliki kontur aliran sungai jadi air terjun ini tidak cukup dalam, tapi cukup menarik untuk mengisi waktu libur akhir pekan atau untuk menenangkan jiwa.
Curug Kaliurip (fb : yogi wahyuutomo)
 
10. Curug Siklotok
Curug 3 tingkat ini berlokasi di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah, atau sekitar 20 Km dari kota Purworejo. Wisata air terjun ini sudah dikelola dengan baik jadi Untuk masuk area curug sudah ada tiket masuk area sebesar Rp. 2.000,- per orang dan parkir motor sebesar Rp. 1.000,-, diarea wisata ini sudah terdapat beberapa fasilitas seperti kamar mandi, dan beberapa warung makan. Banyak hal yang kita bisalakukan di air terjun ini seperti mandi, bermain air serta mengeksplor suasana disekitar curug. Curug diarea ini terdiri dari 3 tingkat curug jadi sangat menarik untuk menghabiskan hari libur ketempat-tempat indah seperti ini.
 Curug Siklotok (spadepicni.wordpress.com)

11. Curug Kedung Gulo 
Purworejo memang dikenal menyimpan banyak objek wisata curug karena memang daerah dipurworejo 70% adalah pegunungan, salah satunya yaitu curug Kedung Gulo. A sekitar jadi untuk ketempat ini belum ada retribusi tiket bagi para pengunjung yang ingin menikmati pesona alam yang indah. Tempat ini sangat cocok untuk bermain air dan berenang tapi tetap berhati-hati dan selalu jaga keasrian dan keindahan alam jangan sampai merusak atau meningalkan jejak selain kenangan yang indah. Curug Kedung Gulo berada di Desa Kalitapas, Bener, Purworejo, Jawa Tengah.
Curug Kedung Gulo (fb : kosongtujuh ngagosari)

12. Curug Klanceng Sedayu 
Curug ini terletak di Desa Sedayu Kec.Loano Kab.Purworejo mungkin curug ini masih asing di telinga anda karena memang belum terlalu banyak di ekspos dan di perkenalkan oleh warga dan pemerintah. curug ini merupakan curug yang cukup indah dan tentunya masih asri dengan mempunyai air yang bersumber dari pegunungan disekitar. Cocok banget buat mengisi hari libur deh.
Curug Klanceng Sedayu (indonesiapunyasegalanya.blogsport.com)


13. Curug Loning 
Curug loning merupakan curug yang berada di kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Curug ini memiliki air terjun yang cukup deras dan memiliki kontur bertingkat sehingga membuat aliran curug semakin indah. Anda bisa bermain air serta mandi di curug ini karena curug ini dibilang cukup aman untuk hal-hal tersebut.
Curug Loning Kemiri (fb:Dion lon)

21 comments

  1. Saya mau travelling kesitu tapi adsense belum banyak

    ReplyDelete
  2. ck ck ck...kerennnnnnnnn.....semoga suatu saat bisa kesini...

    ReplyDelete
  3. indah sekali air terjunnya gan

    ReplyDelete
  4. boleh juga ni buat liburan hehe

    ReplyDelete
  5. Wah bagus-bagus gan, tapi sayang nya jauh tempat nya :D

    ReplyDelete
  6. Ini baru surga dunia dah terasa Indah liatx. Apalagi nnt d surga

    ReplyDelete
  7. seneng banget nih liat tempat wisata begini tapi realisasiinya buat wisata kesana susah banget huhh :(

    ReplyDelete
  8. Paling suka sama wisata alam 😁 apalagi air terjun kayak gini . jadi pengen traveling terus

    ReplyDelete
  9. bagus-bagus gan tempat wisatanya kalau aja dekat sudah saya datangi kesana lumayan lah buat refresing kalau lagi habis ujian..

    ReplyDelete
  10. wihh keren banget gan. Kalo dari semarang kira-kira berapa jam yah perjalanannya?

    ReplyDelete
  11. keren bnget tempatnya ,sayang nya jauh dari saya,hehehe

    ReplyDelete
  12. Kerren2 Min....
    Aku jatuh cinta pada pandangan pertama sama Curug Nabag... Hehhee...

    Baru tau juga nih, Curug itu Aer Terjun....

    ReplyDelete
  13. Waaw.. seger banget tuh kalo mandi pas lagi musim panas

    ReplyDelete
  14. Gila... keren keren tuh air terjunnya

    ReplyDelete
  15. Wah sangat cocok nih buat liburan.

    ReplyDelete
  16. Good Post Mas, semoga makin sukses blog agan

    ReplyDelete
  17. Keren gan info nya , biasa buat tempat refresing

    ReplyDelete
  18. yg kemiri udah pernah kesana pas habis dari rumah nenek gua :v tempat nya enak bersih juga

    ReplyDelete