Saturday, 18 February 2017

8 Makanan Khas daerah Klaten

Klaten Merupakan suatu Kabupaten atau Kota yang cukup unik , karena kota Klaten di impit oleh dua buah kerajaan dan dua buah Kraton di sebel... thumbnail 1 summary
Klaten Merupakan suatu Kabupaten atau Kota yang cukup unik , karena kota Klaten di impit oleh dua buah kerajaan dan dua buah Kraton di sebelah barat Kota Klaten ada sebuah Kraton dari Kasunanan Yogyakarta dan di sebelah timur merupakan Kraton Kasunanan Surakarta. Jadi Kota Klaten bisa dibilang cukup unik. Nah di sisi lain Kota Klaten ini pasti banyak suatu kebudayaan kuliner yang khas dari Kota ini. Mari kita lihat ada kuliner apa saja sih yang mencirikhaskan Kota Klaten.
1. Sego Wiwit atau Nasi Wiwit 
Sego wiwit atau nasi wiwit sebetulnya merupakan suatu tradisi slamatan atau sedekah bumi yang dilakukan oleh para petani di daerah Klaten untuk menyambut hasil panen Padi. Tetapi semakin berkembangnya zaman dan untuk selalu menjaga kuliner tradisional sego wiwit atau nasi wiwit sekarang sudah mulai berkembang yaitu sekarang sego wiwit atau nasi wiwit sudah mulai di jual di warung makan yang menerapkan menu tradisional dan di restoran – restoran. Rasa dari nasi wiwit ini sangat menggugah selera nafsu makan, biasanya dalam satu porsi nasi wiwit terdapat sayur nasi dan lauk pauk. Setelah anda merasakan sego atau nasi wiwit ini dijamin anda akan ketagihan dengan citarasa yang disuguhkan. Untuk bisa mencicipi seporsi sego wiwit ini anda bisa mencari warung makan yang menyediakan makanan tradisional. Atau mencari disekitar wilayah Klaten.
 
Nikmatnya Sego Wiwit (jarwadi.me)

2. Sego Gudangan atau Nasi Gudangan 
Sego atau nasi Gudangan merupakan salah satu dari sekian makanan khas Kota Klaten. Sego atau nasi gudang ini merupakan makan yang biasanya ditemui ketika pagi hari atau ketika orang akan sarapan pagi. Sego atau nasi gudangan merupakan makan sejenis acar yaitu terdiri dari beberapa jenis sayuran segar yang ditambah dengan parutan kepalapa dan ditambah bubuk kacang tanah dan biasanya ditambah sejenis saus yang terbuat dari tempe. Dalam satu Porsi sego atau nasi gudagan anda akan mendapatkan nasi plus gudangan dan lauk. Untuk bisa mencicipi nasi atau sego gudang ini cukup mudah ditemukan di tempat – tempat keramaian dipagi hari, dan hargannya pun cukup murah meriah tapi rasanyya tetap istimewa.

Sepiring Sego Gudang yang nikmat (kompasiana.com) 

3. Geplak 
Geplak merupakan sebuah cemilan yang terbuat dari parutan kelapa yang dimasak dan ditambahkan gula untuk menambah rasa manis. Karena memenang makanan dari jawa biasanya terkenal dengan rasa manis legitnya. Bentuk dari geplak ini seperti bola-bola dan memiliki warna yang sangat menggugah selera. Makanan ini cocok sekali buat menemani waktu santai anda dengan keluarga atau untuk menjadi oleh-oleh bagi keluarga dirumah. Geplak merupakan oleh – oleh khas klaten jadi jika anda sedang atau akan pergi keklaten atau sedang melintasi daerah klaten jangan lupa untuk mampir membeli makanan khas klaten tersebut. Biasanya makanan ini sudah banyak ditemui ditempat oleh – oleh khas klaten dan sekitarnya.

Yang Manis Legit Geplak (bakpiamutiarajogja.com)

4. Wajik 
Hampir sama dengan geplak makanan ini juga bahan dasarnya dari kelapa yang diparut dan ditambahkan dengan gula tetapi untuk wajik biasanya ditambah dengan beras ketan. Selain itu yang membedakan dari geplak dan wajik yaitu pada proses pengemasannya jika geplak hanya dibentuk bulat-bulat beda hal dengan wajik. Wajik biasanya dibungkus dengan kertas yang dibentuk kerucul. Selain itu juga untuk rasanyannya juga berbeda kalo geplak biasanya langsung dimakan lain hal dengan wajik, kalo wajik semakin keras maka semakin enak juga rasannya. Jadi jangan lupa menjadikan wajik sebagai menu oleh-oleh bagi keluarga dirumah.
 
 enaknnya santai ditemani Wajik (jenangayu.blogspot.com)

5. Slondok 
Slondok juga merupakan makan cemilan khas klaten, slondok ini terbuat dari singkong yang telah digiling dan direbut dan dibumbui dengan bumbu-bumbu sepesial. Setelah semua bumbu dan singkong tercampur maka slondok akan dibentuk seperti gelang – gelang dan akan dijemur hingga kering jika sudah maka slondok siap untuk digoreng dan dikemas. Slondok dlunnya hanya memiliki satu jenis rasa tetapi karna semakin berkembangnnya jenis-jenis makannan maka slondok pun ikut menyesuaikan dan ikut membuat farian rasa-rasa baru tetapi masih ada yang mempertahankan rasa originalnnya, pilih saja sesuai selera kalian masing-masing. Slondok ini juga sudah banyak ditemui di toko oleh-oleh khas klaten dan didaerah sekitarnya.
 yang renyah gurih Slondok (jual.com)

6. Kepelan 
Ini juga merupakan makanan khas daerah klaten, makanan ini berasal dari suatu daerah diklaten yang bernama Desa Keden Kecamatan Pedan. Makanan ini terbuat dari tepung gamdum yang dibumbui dengan bumbu sepesil. Bentuk dari makanan ini yaitu sedikit bulat dengan cita rasa gurih, untuk memakan kepelan lebih enak jika selagi hanyat dan dapat juga ditambakan saus untuk membuat citarasa kepelan ini semakin enak. Untuk dapat menikmati makanan ini kamu hanya perlu datang ke alun-alun atau pusat Kota Klaten.

Hangat gurih Kepalan (perutgendut.com)

7. Keripik Belut 
Keripik Belut ini merupakan makan cemilan atau juga bisa untuk dijadikan lauk ketika orang makan. Rasa dari keripik belut ini sudah jangan diragukan lagi pastinnya enak, gurih dan renyah. Selain itu karena bahan dasarnya dari belut maka makanan ini cukup menyehatkan bagi tubuh, untuk bisa mendapatkan makanan ini anda tinggal mecari di tempat oleh-oleh klas klaten dan disekitar kota klaten pasti banyak tersedia, karena makanan ini juga cukup ramai dibeli oleh para wisatawan yang sedang berkunjung atau sekedar melewati Kota Klaten.

 Yang menyehatkan Keripik Belut (kampoengilmu.com)

8. Sego Tumpang Lethok 
Sego Tumpang Lethok atau nasi tumpang lethok ini juga merupakan makanan khas daerah klaten yang wajib kamu coba. Makanan ini juga ditambahkan daun-daun segar yang ditambah parutan kelapa diatasnnya. Untuk dapat mencicipi makanan ini kalian hanya perlu datang kedarah Jln. Mayor Kusmanto hingga daerah Bramen. Harganyya cukup pas dikantong deh tetapi rasa yang ditawarkan bikin orang ketagihan
 Enaknnya Sego Tumpang Lethok (kabarklaten.id)

13 comments

  1. Ingin mencoba berbagai makanan khas ini, karena ini adalah makanan peninggalan para pendahulu kita yang asli racikan mereka sendiri.

    ReplyDelete
  2. Ingin mencoba berbagai makanan khas ini, karena ini adalah makanan peninggalan para pendahulu kita yang asli racikan mereka sendiri.

    ReplyDelete
  3. jadi ngilerrr, kapan ya bisa kesana nyobain langsung. hehehe

    ReplyDelete
  4. wih lumayan enak2 tuh makanan khas klaten
    thanks infonya gan

    ReplyDelete
  5. ane kenal nih makanan2 nya ane juga deket di klaten

    ReplyDelete
  6. Wah enak enak gan apalagi wajik tuh waktu kecil atau ada acara pasti ada tuh

    ReplyDelete
  7. jadi laper liat makanan kayak gitu -_-

    ReplyDelete
  8. enak juga khas makan daerah klaten. kira kira harganya brapa yaa

    ReplyDelete
  9. Waduh, kuliner ke klaten enak-enak nampaknya. kapan-kapan jadwalin wisata kuliner kesana lah..

    ReplyDelete
  10. Baru nyoba geplak sama wajik aja...
    Yang lain belum....
    Padahal tinggalnya deketan sama klaten

    ReplyDelete