Saturday 11 March 2017

Wisata Pemandian Air Panas Di Krakal Kebumen

Wisata Kebumen , Pemandian Air Panas Krakal merupakan salah satu wisata unggulan di kabupaten Kebumen selain daya tarik wisata Pantai , buki... thumbnail 1 summary
Wisata Kebumen, Pemandian Air Panas Krakal merupakan salah satu wisata unggulan di kabupaten Kebumen selain daya tarik wisata Pantai, bukit serta air terjunnya. Sumber air panas Krakal terbentuk secara alami yang muncul ke permukaan seperti mata air. Saat ini sumber air panas yang ada dimanfaatkan untuk pemandian umum dan pariwisata.

 foto by (lihat.co.id)

Pemandian Air Panas Krakal berasal dari sumber mata air panas alami yang tidak pernah kering sepanjang tahun sehingga kalian bias datang kapanpun sesuai jadwal / waktu luang kalian. Pemandian Air Panas Krakal memiliki beberapa sumber mata air panas namun hanya 2 sumber mata air yang dimanfaatkan untuk pemandian air panas. Kandungan garam mineral yang terkandung cukup tinggi sehingga dapat membuat badan terasa nyaman serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan penyakit lainnya. Di hari liburan seperti sabtu minggu, pengunjung akan meningkat dibandingkan hari biasanya.

Rute menuju Pemandian Air Panas Krakal kebumen
Untuk menuju ke pemandian air panas ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum sudah mulai jarang ditemui. Dan adapun rute untuk menuju lokasi pemandian air panas ini adalah jika kalian dari Kabupaten kebumen ambil ke arah utara menuju Jalan Mayjend Soetoyo- Terus ke Jl. Veteran kira-kira 300 m Belok kanan ke Jl. Letnan HM Sarbini terus saja dan 3,3 km setelah itu Belok kiri ke Jl. Pemandian Air Panas Krakal Bar./Jl. Pemandian Barat Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Pemandian Barat hingga 5,5 km terus Belok kiri untuk tetap di Jl. Pemandian Barat setelah 950 m Belok kanan ke Jl. Raya Krakal lanjut lagi 350 m Belok kanan Dan Tujuan ada di sebelah kanan. Kira-kira 70 m.

foto by (facebumen.com)


Lokasi Pemandian Air Panas Krakal kebumen

Pemandian Air Panas Krakal terletak di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi Pemandian Air Panas Krakal berada kira-kira 15 km dari arah kabupaten Kebumen. Untuk pengunjung yang berasal dari luar kota pihak pengelola kini telah menyediakan Penginapan yang cukup banyak.

Sejarah Pemandian Air Panas Krakal Kebumen
Pemandian air panas krakal ternyata memiliki sejarah yang unik pada masa lampau. Berawal dari kisah seorang penggembala yang kehilangan hewan gembalaannya yang sakit kulit kemudian mendadak sembuh ketika ditemukan di arealmata air krakal. Ada pula kisah seorang PutraBangsawan dari Kartosuro yang menderita sakit kulit cukup parah. Kemudian mendapat petunjuk dalam mimpinya untuk mencari sebuah mata air yang memiliki rasa asin, panas/hangat, dan berada di arah utara. Sehingga menemukan mata air panas Krakal yang sekarang berada di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen.

Harga Tiket Pemandian Air Panas Krakal Kebumen
Untuk menikmati layanan wisata Air panas Krakal bagi wisatawan dikenakan tarif yang dikategorikan menjadi 2, yaitu tarif pengunjung dewasa dan Anak-anak. Untuk dewasa : Rp. 10500/jam, anak2 ; Rp. 9500,-/jam. Apabila menggunakan kendaraan dikenai tiket parkir yaitu untuk sepeda motor Rp. 2500, Mobil Rp. 3000, sepeda onthel Rp. 2000, hingga Roda 6 : Rp. 10.000,-. Nah bagi yang menginap cukup menambah sewa hotel Rp. 40.000,-/malam dengan fasilitas standar fan (non AC).

Obyek wisata Air Panas Krakal Ini dikelola oleh Disparbud Kab. Kebumen. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB, hingga tutup pukul 05.00 WIB. Untuk Group Rombongan yang ingin mencoba khasiat Air Panas Krakal di malam hari, sebaiknya menghubungi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Kebumen, barangkali kuota memenuhi syarat untuk dibukakan hingga pagi.

No comments

Post a Comment