Saturday 29 April 2017

Menikmati Kesegaran Air di Tempat Wisata Umbul Sigedang Klaten

Wisata Klaten - Kabupaten Klaten memang sedang menjadi banyak perbincangan dikalangan pengguna media social seperti instagram, facebook, t... thumbnail 1 summary
Wisata Klaten - Kabupaten Klaten memang sedang menjadi banyak perbincangan dikalangan pengguna media social seperti instagram, facebook, twitter dan yang lain. Kenapa bisa? Ya karena di kabupaten Klaten memiliki sebuah potensi alam berupa umbul atau mata air yang memiliki air yang sangat jernih, sampai-sampai kita melihat dasar dari umbul tersebut.

foto oleh Ig @anjisaji_9

Memang di Klaten banyak sekali terdapat umbul atau sumber mata air, sehingga menimbulkan ide oleh pemerintah setempat untuk menjadikan lokasi tersebut menjadi salah satu tempat wisata alternative yang bisa dikunjungi wsatawan. Nah, salah satu contoh tempat wisata umbul yang sudah sangat terkenal hingga penjuru nusantara adalah Umbul Ponggok, ada juga umbul Manten dan masih banyaklainnya, tetapi Kali ini saya akan membahas tentang salahsatu umbul yang juga sangat menarik untuk dikunjungi yaitu Umbul Sigedang.

foto oleh Ig @ratihsukmaresi

Wisata Umbul Sigedang merupakan salah umbul atau sumber mata air di Klaten yang digunakan oleh salah satu perusahaan air mineral ternama di Indonesia. Tetapi tempat ini juga masih digunakan untuk temat berwisata.

Pengelola selalu menjaga kemurnian air di mata air ini dengan baik, dengan adanya larangan bagi pengunjung atau wisatawan yang sedang berenang untuk tidak menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya didalam kolam. Meski ramai digunakan oleh pengunjung untuk berendam, air ini terjaga kesegarannya karena airnya di Wisata Umbul Sigedang mengalir sangat deras sehingga air tidak hanya berputar didalam kolam saja.


Baca Juga : Menikmati Jernihnya Air di Wisata Umbul Manten Klaten


Sama halnya dengan Umbul Ponggok, Umbul Sigedang ini letaknya tidak jauh dari pemukiman warga,. Umbul ini juga memiliki bentuk melingkar tepat dipinggir jalan dengan 1 pohon besar disampingnya. Untuk kedalaman umbul ini hanya sekitar 1 meter hingga 1,5 meter saja.

foto oleh Ig @dafirahmann

Dan persamaan Umbul Sigedang dengan umbul-umbul lain di klaten adalah di umbul ini juga memiliki air sangat digin, jernih dan segar. Sangat cocok jika kalian ingin melakukan snorkeling atau melalukan sesi foto di dalam air. Pokoknya tempat ini rekomendet banget buat kalian semua.

Tenang saja untuk fasilitas di umbul Sigedang saudah mencukupi, seperti dengan sudah ada warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman dikala kita lapar dan haus, dan sudah ada kamar mandi yang berfungsi untuk membilas tubuh kita.

foto oleh Ig @terkecu


Lokasi Dari Tempat Wisata Umbul Sigedang


Umbul Sigedang Terletak di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, atau sekitar 5 menit setelah umbul Ponggok atau hanya sekitar 20menit saja dari pusat Kabupaten Klaten, dan untuk akses menuju lokasinya bisa dibilang cukup mudah.

Harga Tiket Masuk Wisata Umbul Sigedang


Jika kalian ingin menikmati suaasana Wisata Umbul Sigedang ini kalian hanya akan dikenai biaya retribusi untuk masuk sebesar Rp. 2.000,- dan untuk menggunakan fasilitas kamar mandi akan dikenakan Rp. 2.000,- serta untuk biaya parker sebesar Rp 2.000untuk satu sepeda motor.

Rute Lokasi Menuju Tempat Wisata Umbul Sigedang


Untuk rute menuju ke Wisata Umbul Sigedang jika kalian dari arah Kabupaten Klaten ambil arah menuju Jl. Penggung – Jatinom/menuju Umbul Pongok terus dilanjutkaan ke Jl. Delanggu- Polanharjo Terus ke Jl. Slank nah nanti setelah 1,1 km Belok kiri saja dan tempat Wisata Umbul Sigedang berada di sebelah kiri kira-kira berjarak 41 m.

3 comments

  1. mantap infonya, jadi pengen liburan kesana

    ReplyDelete
  2. thanks infonya, nanti saya coba liburan kesana

    ReplyDelete
  3. waduh padahal kemaren sempet ke jogja, kenapa ga ke klaten sekalian ya -_-

    ReplyDelete