Saturday 15 April 2017

wisata Pemandian Jolotundo atau umbul Jolotundo Klaten

Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, dan sekitar 8 kilometer dari arah ... thumbnail 1 summary
Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo terletak di Desa Jambeyan Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten, dan sekitar 8 kilometer dari arah Utara pusat Kabupaten Klaten. Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo ini memiliki luas sekitar 220 meter persegi dari kompleks areal objek wisata seluas 500 meter persegi. Terdapat 3 kolam renang yang memiliki kedalaman yang berbeda, dari mulai 50cm sampai kira-kira 2 meter.

foto by Ig @pemandianjolotundo

Pemandian Jolotundo atan umbul Jolotundo ini merupakan sebuah sumber mata air alami atau umbul yang keluar dari tanah dan kemudian dimanfaatkan sebagai salah satu tempat wisata alternative di Kabupaten Klaten.


Baca Juga : Menikmati Jernihnya Air di Wisata Umbul Manten Klaten


Memang tempat ini masih sangat jarang terdengar oleh masyarakat atau para wisatawan, tak seperti tempat wisata umbul atau sumber mata air lainnya seperti umbul pongok, umbul manten dan yang lainnya yang sudah terkenal hingga keseluruh negri.

Jadi sangat di sayangkan padahal jika dilihat dari prospek serta pendukung lainnya, seharusnya tempat ini dapat bersain denga tempat wisata umbul lainnya. Jadi ayo coba eksplor tempat wisata ini dijamin gak bkal nyesel deh.

foto by Ig @dyaharymarwati 

Selain itu terdapat sebuah cerita rakyat yang terkenal yaitu adanya seorang gadis yang memiliki suatu penyakit, dan kemudian mandi ditempat ini dan akhirnya dapat sembuh setelah terkena /tertusuk sebuah siput. Dan ada mitos lain yaitu masyarakat sekitar sangat mempercayai atau menganggap akan celaka jika menanam pohon pisang di sekitar umbul.

Disini juga terdapat batu yang membentuk tapak kaki, konon batu tersebut pernah diinjak oleh Bisma, tokoh ksatria dalam pewayangan, batu tersebut sampai sekarang masih ada, dan orang-orang menyebut batu tersebut ‘Tepak Bisma’.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Di Klaten Yang Paling Sering Dikunjugi Wisatawan


Untuk Tiket masuk ke tempat wisata pemandian ini Rp.4000,-/orang. Air di pemandian ini masih alami, tidak dikasih kaporit kaya pemandian-pemandian umum kebanyakan. Ada berbagai fasilitas yang disediakan pengelola, antara lain: toilet, kamar ganti pakaian, mushola, dan kantin.

1 comment