Friday, 9 June 2017

Destinasi Wisata Alternatif Batu Manten Gunung Taruwongso Sukoharjo

Wisata Sukoharjo — hai guys kemana acara liburanmu kali ini, kalau kalian masih belum memiliki destinasi buat tempat mengisi hari liburan, k... thumbnail 1 summary
Wisata Sukoharjo — hai guys kemana acara liburanmu kali ini, kalau kalian masih belum memiliki destinasi buat tempat mengisi hari liburan, kalian coba aja tracking ke Batu Manten Gunung Taruwongso Sukoharjo.

Batu Manten Gunung Taruwongso merupakan salah satu potensi tempat wisata dari daerah Sukoharjo atau juga sering di kenal dengan slogan Kota Makmur ini. Pesona pemandangan alam yang eksotis selalu menjadi alternatif atau daya tarik untuk sekadar melepas penat atau merefresh pikiran kita. Selain itu sejuknya suasana dan segarnya hembusan angin akan menambah kenayamanan di tempat ini.

 foto oleh Ig @treearizky

Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, bahwasanya orang pertama yang menemukan Gunung Taruwongso bernama Banjaran, yaitu seorang pangeran keturunan selir Majapahit. Pangeran tersebut akhirya menetap sampai akhir hayatnya. Makanya ditempat ini terdapat sebuah makam yaitu makam yang dipercai oleh masyarakat sebagai makam dari pageran banjaran. Sehingga makam tersebut hingga saat ini masih ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah.

  foto oleh Ig @renipus30

Sejak beberapa tahun lalu pemerintah telah membangun fasilitas berupa tangga beton untuk menuju puncak bukit. Tetapi sangat disayangnya, beberapa fasilitas tangga tersebut dirusak oleh ulah para vandal yaitu dengan coret-coretan yang tak penting.

Setelah kalian melakukan pendakian tanggatersebut dan akhirnya bisa sampai juga di Puncak Taruwongso. Maka kalian akan langsung disuguhi dengan pemandangan panorama dari perkampungan Kabupaten Sukoharjo dan tentunya hamparan panorama alam yang begitu mempesona. Oh iya dari atas bukit ini kita juga bida melihat panorama gunung kembar yaitu Merapi dan Merbabu .


 foto oleh Ig @guf_roni

Ada beberapa mitos dari tempat ini yaitu diantaranya menurut informasi dari masyarakat sekitar di puncak inilah terdapat mitos sebuah Batu Manten. Yaitu Dua buah bebatuan kapur yang konon dipercaya mampu menjadi solusi bagi para jomlo. Bagi mereka yang percaya, barang siapapun yang telah lama seorang diri bisa mendapatkan jodoh seusai berkunjung ke batu itu. Tetapi sekalilagi hanya mitos ya guys, kalian boleh percaya atau tidak, yang penting jangan sampai kalian debat hehe.
Selain Batu Manten, ada pula deretan bebatuan unik lain seperti Batu Gajah, Batu Kandang, Batu Pecak, Batu Gua, Batu Gebyok, dan Batu Amben. Gunung Taruwongso juga memiliki tujuh mata air.

Lokasi Batu Manten Gunung Taruwongso Sukoharjo


Untuk lokasinya dari Batu Manten Gunung Taruwongso Sukoharjo ini sendiri berada di Desa Thengklik, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

 foto oleh Ig @sofita_rr


Rute Menuju Batu Manten Gunung Taruwongso Sukoharjo


Dan untuk rute yang bisa kalian gunkan untuk sampai ke Batu Manten Gunung Taruwongso Sukoharjo yaitucukup sangat mudah ditemukan. Karena akses penghubung antar kabupaten dan provinsi membuat jalan menuju bukit cukup halus dan rata. Kalian cukup berkendara menuju Jalan Raya Tengklik yang menyambungkan antara Weru, Cawas, Kelir dengan Sukoharjo Kota.

3 comments

  1. Sayang kesadaran pengunjung dan masyarakat sekitar tuk menjaga keasrian dan kebersihan masih sangat kurang, terlihat dari banyaknya sampah yang berserakan dipuncaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bener, masih sangat kurang kesadaran dari para pengunjung. tapi optimis aja.

      Delete
  2. wah mantep bgt pemandanganny..

    ReplyDelete