Friday 10 February 2017

Eksplor Kuliner Tana Toraja

Tana toraja merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia yang masih sangat menjunjung tinggi nilai culture budaya, maka tidak salah jika ... thumbnail 1 summary
Tana toraja merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia yang masih sangat menjunjung tinggi nilai culture budaya, maka tidak salah jika Tana Toraja memiliki kekhasannya tersendiri ini bisa dilihat dari segala jenis adat istiadat dan beberapa jenis makanan khasnya.
Oke walaupun makanan khas toraja ini belum terlalu popular dikalangan masyarakat Indonesia, maka tugas kita- kitalah yang harus selalu mengeksplor dan memperkenalkan makanan khas toraja ini keseluruh Indonesia dan Dunia.

1. Kopi Toraja 
Bicara tentang salah satu kuliner ditoraja pasti semua orang telah tau yang satu ini, Kopi Toraja. ya memang kopi toraja memang sudah sangat terkenal bagi setiap orang tak hanya orang Indonesia saja melainkan orang macanegara juga pasti sudah tahu. kopi toraja dikenal dengan aromanya yang herbal. Apalagi jika segelas kopi Toraja ditambahin sehelai daun mint, rasanya pasti lebih berbeda. Berawal dari tangan para petani, hingga tersebar di seluruh dunia internasional, kopi Toraja selalu meninggalkan jejak  aroma kebanggan bagi negeri ini.Akan terasa belum lengkap jika berkunjung ke kota Tondok Lepongan Bulan ini tanpa mencicipi atau membeli kopi Arabika asli Toraja. Lantaran aroma dan cita rasanya yang sedap, memang sangat pantas bila kopi jenis arabika ini dijuluki dengan istilah "Queen of Coffee".  Cukup banga buat kita sebagai orang Indonesia khususnya masyarakat Toraja.
dari secangkir kopi toraja ke dunia internasional (inisehat.com)

2. Pa'piong 
Makanan khas toraja yang satu ini memiliki cara memasak yang cukup unik yaitu dengan mengunakan batang bambu dan kemudian bambu tersebut dibakar diatas arang. Biasanya masakan Pa’piong ini terdari dari daging dan juga ditambahkan bahan – bahan lain seperti daun mayana dan bisa juga menggunakan Burak ( pohon pisang ) yang masih muda. Karena semakin berkembangnnya suku toraja maka bahan pembuatan makanan Pa'piong ini atau bahan baku dagingnnya pun juga ikut berkembang disesuaikan dengan para penikmatnnya.

Eksplor Kuliner Toraja (pinterest.com)


3. Pantollo Pammarasan 
Masakan yang satu ini juga merupakan masakan khas tana toraja yang terbuat dari buah pangi yaitu buah khas dari Sulawesi yang dipadukan dengan segala jenis daging atau ikan dan juga bahan lainnya lainnya. Jika anda sedang berada di Sulawesi sempatkanlah untuk mencicipi makanan yang satu ini dan bagikalian yang berada diluar Sulawesi cobalah datang kesalahsatu restoran atau warungmakan khas Tana Toraja ini.
 Eksplor Kuliner Toraja (portalsolata.com)

4. Pa'tong
Untuk makanan yang satu ini pada dasarnnya makanan Pa'tong berbahan dasar dari daging Anjing yang dimasak dengan segala jenis rempah-rempah . masakan ini bisa dibilang cukup ekstrem tapi jadi bagi kalian yang suka atau ingin mencoba masakan ini masukannlah referensi makanan khas toraja ini dalam menu wisata kuliner kalian di tana toraja.
 Eksplor Kuliner Toraja (imgrum.net)

5. Dangkot 
Dangkot adalah masakan tanpa kuah, masih sama seperti masakan khas toraja lainnya masakan ini juga berbahan dasar daging yaitu daging bebek atau kadang juga daging ayam yang dimasak dengan rempah-rempah, dangkot juga mempunyai cita rasa yang pedas. Jadi bagi anda yang penasaran dengan makanan khas toraja jadikanlah Dangkot sebagai salah satu menu wisata kuliner anda.
 Eksplor Kuliner Toraja (kueresep.com)

6. Pokon
Pokon sendiri memiliki bentuk yang hampir sama dengan lontong atau makanan khasyang ada ditempat lain, tetapi yang membedakan dalam makanan ini adalah bahan, bungkusnya. Makanan ini terbuat dari beras ketan biasaya ketan hitam yang dicampur dengan kelapa parut lalu dibungkus dengan menggunakan daun bambu. Untuk makanan yang satu ini belum ditemukan penjualnnya jadi untuk makanan yang satu ini bagi kalian yang penasaran maka datanglah saat ada acara-acara syukuran atau ibadah adat.
  Eksplor Kuliner Toraja (kumpulanliriklagutoraja.blogspot.com)

7. Tu'tuk Utan 
Tu'tuk utan Ini adalah masakan khusus karena bahan yang digunakan adalah daging babi selain itu tu'tuk utan di toraja dimasak kering tidak seperti di daerah lain yang kebanyakan menggunakan kuah. Cara pembuatannya yaitu daun singkong ditumbuk tapi tidak sampai halus kemudian di masak dengan daging yang dipotong kecil-kecil ditambah parutan kelapa dan cabe rawit atau lada yang di potong-potong.
   Eksplor Kuliner Toraja (yuktravel.com)

8 comments

  1. Lumayan enak nih kuliner dari toraja.

    ReplyDelete
  2. Dari gbrnya SJ SDH menggugah selera gan, gmn LG kl merasainya...

    ReplyDelete
  3. Waduh jadi laper 😀 kayanya sih enak enak

    ReplyDelete
  4. ◘ZEUSBOLA SITUS TERBAIK DAN TERPOPULER DI INDONESIA DAN MEMPUNYAI BERBAGAI MACAM GAME YANG BISA DI MAINKAN DENGAN DEPOSIT MULAI DARI 1OK DAN 1 USER D SAJA SUDAH BISA MAINKAN SELURUH GAME YANG ADA DI ZEUBOLA ◘

    BONUS PROMO
    •BONUS NEW MEMBER
    •BONUS ROLLINGAN
    BONUS EXTRA TURNOVER
    BONUS CASHBACK

    MELAYANI DEPOSIT PULSA DAN REKENING
    ♠FAST REPON 24 JAM♠

    ingin mengetahui info atau promo? lansung aja hubungi kami di Whatsapp : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #DEPOSIT PULSA #DEPOSITMURAHMERIAH #BONUSREWARD #NEWMEMBER #CASHBACK #ZEUSBOLATERBAIK #SITUSJUDIONLINETERBAIK #POKERONLINE #JACKPOT #TURNAMEN #GIVEAWAY #CASINOONLINETERBESAR #TERPOPULER

    ReplyDelete