Tuesday 7 February 2017

Makanan Khas Purworejo - Rindu Kampung Halaman

Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kota yang masuk dalam Provinsi JawaTengah letak greografil yang hamper 70% merupakan pegunungan ini... thumbnail 1 summary
Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kota yang masuk dalam Provinsi JawaTengah letak greografil yang hamper 70% merupakan pegunungan ini pastinnya banyak memiliki hal menarik dari segi tempat wisata, kebudayaan, dan kulinernnya yang unik-unik.
Nah Sekarang saya ingin membahas makanan –makanan khas Kota Purworejo yang pastinnya enak unik dan belum tentu ada di daerah lain. Memang kalo kita membahas makanan suatu daerah pastinya tidak ada habisnnya, kita juga jadi merasa kangen dengan kampung halaman yang sudah ikut peran andil membesarkankita hehe…. Oke langsung aja.

1. Sego Tiwul 
Makanan ini dulunnya diagap sebagai makanan kampungan dan hanya dikonsumsi oleh masyarakat kelas bawah, tapi jangan heran sekarang makanan ini malah jadi makanan yang istimewa karena setiap orang yang pulang kampung atau sekedar wisata ke Kota ini pasti salah satu makanan yang dicari adalah Sego Tiwul ini jadi jagan heran kalo mkanan ini laris manis. Makanan yang bahan dasarnnya dari singkong ini selain baik buat pencernaan juga sebagai bahan alternative selain nasi.

Enaknnya Nasi Tiwul (eatmologist.com)

2. Clorot 
Kalo makanan yang satu ini pasti Purworejo banget karena mungkin tidak ada ditempat lain. Makanan yang menyerupai bentuk trompet ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah kemudian dibungkus dengan janur kuning (daun kelapa) lalu direbus. Cara makan makanan ini juga dibilang cukup unik yaitu dengan menekan bagian bawah sehingga makanan tersebut keluar keatas itu juga yang membuat nama makanan ini disebut clorot .
Simanis legit Clorot (membuatkuebasah.com)

3. Es Dawet Ireng 
Minumas es khas purwprejo ini memang sangat unik karena warna cendolnya yang hitam, tapi warna hitam ini dihasilkan dari warna alami yaitu dengan sari abu jerami yang dibakar kemudian dicampur dengan air, sehingga menimbulkan warna hitam(ireng) yang alami. Selain itu juga pernah ada penelitian dengan bahan abu tersebut yang aman digunakan dan banyak manfaat yang dihasilkan dari pewarna alami tersebut. Untuk mendapatkan makanan ini sangat mudah karena sudah banyak orang yang membuka usaha penjual dawet ireng disekitar jalan lintas purworejo dan di tempat – tempat lainnya.
Yang Hitam Manis seger Es Dawet Ireng (resepmakansedap.com)


4. Lanting 
Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Purworejo, bentuknnya seperti cincin dan merupakan sejenis makanan ringan. Lanting ini terbuat dari singkong yang diolah kemudian digoreng hingga sedikit keras dan gurih. Karena semakin banyaknny banyaknnya permintaan dan peminatnya maka para pengrajin berusaha melakukan terobosan dengan cara memperkaya fariasi rasa yang ada, tetapijuga tidak meninggalkan rasa originalnnya, pilih saja sesuai selera kalian.
Gurih renyahnnya Lanting (cemilannusantara.com)

 5. Durian 
Nah Buah yang satu ini juga identik dengan Kota Purworejo, mungkin kalian lebih tau kalo Durian itu banyak dari Medan, tapi jangan salah disalah satu kecamatan diPurworejo ini juga sudah sangat terkenal dengan sentra buah durian yaitu di Kecamatan Kaligesing. Jika Waktu musim durian tiba kalian bisa berburu buah durian yang enak dan pastinnya lebih murah serta banyakpilihannya. Selain itu wargasekitar juga sudah banyak yang berinofasi membuat makanan baru dari buah berduri yang satu ini,jadi bagi pecinta buah durian coba saja datang kesana.
 Raja dari segala buah (wikipedia.org)

6. Cenil 
Warna – warni makanan ini membuat siapa saja yang melihan pasti ingin mencobannya, makanan ini terbuat dari pati ketela pohon atau tepung kanji yang diolahdan diberi warna kemudian direbus. Cara penyajian dari makanan ini yaitu dengan menambahkan parutan kelapa serta ditambah dengan Sari gula aren yang sudah dicairkan. Mungkin nama cenil itu sendiri didapat dari bentuknnya yang kecil – kecil saya juga belum begitu tau hehe. Tapi jajanan yang satu ini saya rekomendasikan buat kalian yang sedang berada di Purworejo.



 Warna warni makanan Cenil (rina-dapurmanis.blogspot)

7. Gebleg / Gelangan. 
Geblek sendiri sebenarnya dapat ditemukan di Kabupaten Kulon Progo, dan juga Wonosobo, keunikan geblek dari tiap-tiap daerah ini terletak pada cita rasanya yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Geblek terbuat dari tepung singkong dengan bumbu bawang yang kemudian digoreng hingga gurih. Bentuk dari gebleg atau gelangan ini memang sangat unik yaitu seperti rantai, makanan ini juga mudah di temui di tempat ramai seperti pusat kota atau pasar.
 Geleg / gelangan (jogja-mblusuk.com)

8. Sate Winong 
Sebetulnnya pada dasarnya Sate Winong tidak ada bedannya dari segi bahan baku atau cara penggonalannya, tetapi yang membedakan sate winong dengan yang lainnya yaitu pada sambalnnya. Jika selama ini yang kita tau kalo sate kambing bumbu sambalnnya hanya kecap dan irisan bawang merah serta cabai kalau di Sate Winong ini sambalnnya merupakan rebusan gula jawa dengan perpaduan rempah-rempah yang memiliki rasa khas kemudian ditambah cabai rawit yang diuleg, irisan bawang merah dan daun jeruk nipis. Untuk bisa mencicipi Sate inianda bisa berkunjung di Kecamatan Winong sekitar 5kmdr pusat kota,tetapi anda juga bisa menemukan ditempat-tempat lain karena sudah banyak penggusaha yang membuka jabang.
 yang pedas megigit Sate Winong (brilio.net)
9. Gula Aren atau gula jawa
Purworejo juga memang terkenal sebagai centra penghasil gula aren, karena letak geografis yang sangat cocok sekali untuk  ditanami pohon-pohon yang dijadikan sebagai bahan baku gula.

16 comments

  1. sate winong? baru pernah denger ane. itu beda ama sate biasa apa gan?sambalnya aja ya?

    ReplyDelete
  2. enak nya . . .
    jadi lapar
    hehehehe

    ReplyDelete
  3. Emang the best makanan tradisional purwerejo

    ReplyDelete
  4. Lanting itu kaya krupuk y min

    ReplyDelete
  5. Sekarang dg kreatifitas, makanan traditional dikemas menjadi mempunyai nilai jual yg menguntungkan. Tks info bermanfaat (y)

    ReplyDelete
  6. durian purwokerto rasane koyo opo mas ??

    ReplyDelete
  7. wahh ada duriannya ya, buah favorit saya. jadi pengen

    ReplyDelete
  8. ane biasanya minum es dawet ireng emm

    ReplyDelete
  9. Es dawet sering tuch ane nyobain..

    ReplyDelete
  10. kapan kapan kita meetup bareng min :D

    ReplyDelete
  11. ◘ZEUSBOLA SITUS TERBAIK DAN TERPOPULER DI INDONESIA DAN MEMPUNYAI BERBAGAI MACAM GAME YANG BISA DI MAINKAN DENGAN DEPOSIT MULAI DARI 1OK DAN 1 USER D SAJA SUDAH BISA MAINKAN SELURUH GAME YANG ADA DI ZEUBOLA ◘

    BONUS PROMO
    •BONUS NEW MEMBER
    •BONUS ROLLINGAN
    BONUS EXTRA TURNOVER
    BONUS CASHBACK

    MELAYANI DEPOSIT PULSA DAN REKENING
    ♠FAST REPON 24 JAM♠

    ingin mengetahui info atau promo? lansung aja hubungi kami di Whatsapp : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #DEPOSIT PULSA #DEPOSITMURAHMERIAH #BONUSREWARD #NEWMEMBER #CASHBACK #ZEUSBOLATERBAIK #SITUSJUDIONLINETERBAIK #POKERONLINE #JACKPOT #TURNAMEN #GIVEAWAY #CASINOONLINETERBESAR #TERPOPULER

    ReplyDelete