Thursday, 9 March 2017

6 Desa Wisata Sleman

Wisata Sleman, Jogja ,berikut merupakan beberapa desa wisata di Sleman   1. Desa Wisata Pancoh Desa Wisata Pancoh merupakan padukuhan yang... thumbnail 1 summary
Wisata Sleman, Jogja,berikut merupakan beberapa desa wisata di Sleman
 1. Desa Wisata Pancoh
Desa Wisata Pancoh merupakan padukuhan yang berlokasi di Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Padukuhan Pancoh memiliki keanekaragaman budaya serta alam yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai salah satu desa wisata Padukuhan ini dikenal masyarakat dengan surthongnya yang berada di beberapa titik kawasan perairan yang bunyinya terdengar hingga mencapai radius 10 meter.


Adapun paket biaya adalah sebagai berikut :

Paket Surthong 1 (1 Hari)
Paket 1: Fun Games, Membajak Sawah, Susur Sungai, Tangkap Ikan
Paket 2: Fun Games, Kebun Salak, Susur Sungai, Tangkap Ikan
Paket 3: Fun Games, Kebun Salak, Kandang Komunal (Biogas), Tangkap Ikan
Paket 4: Fun Games, Membajak Sawah, Kebun Salak, Susur Sungai
Paket Surthong 2 (1 Hari 1 Malam)
Fasilitas: Rumah Singgah, Makan (4x)
Kegiatan: Belajar Kesenian (1 macam), Susur Sungai, Kebun Salak, Mengikuti kegiatan bersama induk semang Jamuan Minum dan Makan selamat datang (Gratis)
Sudah termasuk biaya konservasi
Paket Surthong 2 (3 Hari 2 Malam)
Fasilitas: Rumah Singgah, Makan (7x)
Kegiatan: Belajar Kesenian (2macam), Membajak sawah dan menanam padi, Kebun Salak, Kegiatan bersama induk semang, Kandang Komunal dan biogas, Kerajinan tangan (2kegiatan)
Jamuan makan dan minum selamat datang (Gratis)
Sudah termasuk biaya konservasi
Minimal 20 peserta

2. Desa Wisata Kelor
Desa wisata ini menawarkan suasana perdesaan yang didominasi oleh penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani, peternak, dan pembudidaya jamur. Kehidupan penduduk perdesaan jawa yang berfalsafah “nrimo ing pandum” mampu menarik perhatian pengunjung untuk merasakan bagaimana kehidupan yang bersahaja dan bersahabat dengan alam. Di arena perkemahan tersebut tersedia pula arena Outbound, didukung wahana Flying Fox dan berbagai wahana permainan outbound siap menantang andreanalin pengunjung.Beberapa rumah joglo berdiri kokoh diantara perkampungan penduduk. Bangunan joglo yang terbuat dari kayu jati tersebut mampu menunjukkan nilai sejarah nenek moyang tentang arsitektur jawa yang penuh filsafat.


Data Pokok
Nama Desa: Kélor.
Nama Organisasi: Dewi Kadjar (Desa Wisata Kampoeng Sedjarah Kélor)
Alamat: Kélor, Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Kode Pos 55551.
Website: dewikadjar.com
email: infokelor@dewikadjar.com
Personal Kontak: 085-6435-77238 (Harwanto), 0859-

3. Desa Wisata Tanjung
Kesediaan dan semangat untuk menjadikan Desa Tanjung sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Sleman tentunya tidak tanpa pertimbangan yang matang, namun benar-benar setelah menelaah potensi yang dimiliki serta dampak-dampak yang mungkin timbul akibat adanya kegiatan pariwisata, baik terhadap manusianya maupun bagi lingkungan. Dengan penelaahan yang seksama, disimpulkan bahwa beberapa potensi yang dimiliki oleh Desa Tanjung sehingga layak dikembangkan sebagai desa wisata adalah : Di wilayah Desa Wisata Tanjung terdapat bangunan-bangunan fisik serta kondisi alam yang berpotensi sebagai daya tarik wisata,


Profil Desa Wisata Tanjung
Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik,
Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Alamat : Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, D I Yogyakarta 55581
Telp. (+62) 081229209872, 08156700291
Email : desawisatatanjung@yahoo.com

4. Desa wisata Trumpon
Desa wisata Trumpon terletak di Dusun Trumpon, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Desa wisata Trumpon merupakan desa wisata dengan dengan obyek agrowisata yaitu perkebunan salak pondoh. Di desa ini juga terdapat gardu pandang Gunung Merapi yang berada di sebuah lokasi yang benar-benar terbuka untuk melihat Gunung Merapi dengan sangat jelas. Selain gardu pandang setinggi 20 meter, lokasi ini juga menyediakan gazebo-gazebo untuk melihat Gunung Merapi. Gardu pandang Trumpon ini direkomendasikan sebagai salah satu tempat yang tepat untuk memotret Gunung Merapi. Selain itu Arena outbond juga terdapat di dusun Trumpon. Selain menyenangkan, outbond juga bermanfaat untuk melatih kerjasama tim.


Apabila wisatawan ingin merasakan suasana bermalam di pedesaan dan membaur dengan kehidupan penduduk desa, maka di dusun Trumpon tersedia homestay yang dapat menampung cukup banyak. Dengan harga yang terjangkau, wisatawan dapat merasakan interaksi bersama penduduk desa.
Pelayanan selama menginap antara lain welcome drink, breakfast, lunch, local guide dan dinner berupa kenduri. Harga : Rp 75.000,- / orang

5. Desa Wisata Gamplong
Desa Wisata Gamplong adalah desa wisata kerajinan tenun yang berada di Padukuhan Gamplong Desa Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa wisata yang terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta ini cukup menarik untuk disinggahi wisatawan terlebih karena masih adanya industri kerajinan tenun tradisional dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Dengan ATBM, masyarakat perajin Gamplong mampu menghasilkan kain tenun sebagai bahan stagen (kain panjang untuk melilit bagian perut wanita). Selain kerajinan tenun, perajin juga mampu memproduksi kerajinan anyaman untuk suvenir.


Tak hanya terkenal dengan ATBM-nya, Desa Wisata yang teletak di Jl. Raya Wates Yogya Km 14 ini juga terkenal dengan kreativitas warganya yang mampu memanfaatkan eceng gondok, lidi kelapa, mendong, dan akar wangi yang hingga menjadi sejumlah produk istimewa yang mempunyai jual bahkan ekspor. Produk yang dapa mereka hasilkan berupa tas, dompet, aksesori wanita, gorden, tikar, dll.
Di Desa Wisata Gamplong terdapat tak kurang dari 24 perajin yang menggeluti usaha kecil yang umumnya bergerak dalam bidang tenun. Usaha dan kemampuan mereka umumnya didapatkan secara turun temurun dari leluhur mereka.
Fasilitas apa saja yang ada di desa Gamplong ?
• Selain sebagai desa wisata kerajinan, di desa ini juga menyediakan workshop untuk belajar menenun bagi para wisatawan, Pengunjung dapat menikmati proses pembuatan kain tenun, proses membuat anyaman dan dapat belajar langsung menenun yang akan didampingi oleh ibu-ibu pengrajin tenun.
• Di desa ini juga terdapat Gallery yang memajang berbagai macam hasil karya para pengrajin di desa Gamplong ini. rute menuju lokasi ?
• Dari kota Yogyakarta menuju Jalan Raya Wates sampai ke Jalan Wates Km.15,pertigaan Klangon ke Utara .ketemu jembatan rel kereta api belok kiri,ikuti jalan sampai ketemu lapangan ambil jalan yang kiri,lurus saja kurang lebih 300 meter. nanti ada rumah joglo tempat itulah untuk acara workshop dan paguyupan.
profil :
• Desa Gamplong, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563,
• Telepon : 08121583657 ( Pak Waludin )
• Cek Galerry foto

6. Desa Wisata Petung
Desa wisata Petung berada pada dusun Petung desa Kepuhharjo kecamatan Cangkringan, Sleman. Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 20 Km kearah utara. Jarak dari Ibu Kota kecamatan Cangkringan sekitar 5 Km. Desa wisata ini memiliki keindahan dan suasana perdesaan yang masih sangat asri. Desa wisata Petung yang terletak pada ketinggian 850-900 meter diatas permuakaan laut memiliki berbagai daya tarik wisata alam perdesaan khas desa lereng Gunung Merapi. Hutan yang mengelilingi desa menambah kesejukan desa wisata Petung. Dari gardu pandang, dapat dilihat keelokan Gunung Merapi. Sering kali burung elang terbang ikut menghiasi pemandangan alam.


Dengan potensi alam wilayah cangkringan yang berdekatan dengan gunung merapi maka dusun Petung mempunyai keunikan dan keindahan alam yang mempesona. Salah satu daya tarik utama dari desa wisata ini adalah adanya perkebunan kopi yang dimiliki oleh masyarakat. Dengan perkebunan kopi yang hijau menyejukan dan nuansa pedesaan yang masih asli rasanya sayang kalau dilewatkan untuk dikunjungi.

Desa wisata ini sudah memiliki akses yang cukup baik untuk jalan, air dan listrik. Jalan menuju dusun desa wisata ini sudah beraspal baik selain itu sudah tersedia plakat-plakat penunjuk dari jalan utama menuju desa wisata ini. Selain tersedia juga sarana peribadatan berupa masjid dan mushola. Tersedia pula homestay di rumah penduduk serta gedung pertemuan yang mampu menampung 150 orang.tersedai juga fasilitas parkir hingga 50 kendaraan (mobil). Selain itu terdapat fasilitas pendukung berupa gardu pandang untuk menikmati pemandangan gunung Merapi.

1 comment