Saturday 11 March 2017

Keunikan Wisata Gunung Berapi Purba Nglanggeran di Jogja

Wisata Gunung Kidul, Jogja , Gunung Berapi Purba Nglanggeran merupakan sebuah gunung berapi purba yang terbentuk puluhan juta tahun silam di... thumbnail 1 summary
Wisata Gunung Kidul, Jogja, Gunung Berapi Purba Nglanggeran merupakan sebuah gunung berapi purba yang terbentuk puluhan juta tahun silam di daerah Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. Memang Kabupaten Gunung Kidul terkenal dengan banyaknya bukit kars atau bukit kapur yang sangat banyak.

Gunung Berapi Purba Nglanggeran juga sudah diakui oleh dunia Internasional sebagai Geopark, karena mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya (cultural heritages) dan berfungsi sebagai daerah konservasi, edukasi dan sustainable development yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2010 silam.


Wisata di Jogja yang satu ini sebetulnya jika dilihat dari bawah saja sudah sangat indah dan menakjubkan tetapi jika kita ingin merasakan kesan yang berbeda maka kita harus tracking untuk dapat menikmati indahnya wisata Gunung Berapi Purba Nglanggeran .

Kalau kalian tau lokasi Gunung Berapi Purba Nglanggeran ini juga pernah dijadikan sebagai salah satu adegan film yang terkenal yaitu film “Jendral Sudirman” di mana ada beberapa adegan yang diambil di lokasi wisata Gunung Berapi Purba Nglanggeran ini.


Memang Banyak hal yang bisa dinikmati di kawasan ini. Selain panorama yang indah berupa areal persawahan, hutan dan kita juga bisa melihat indahnya embung atau danau diatas bukit yaitu embung nglanggeran.

Selain itu banyak kegiatan lainnya seperti camp ditas gunung, panjat tebing, jelajah gunung dan susur gua. Ada pula Eduwisata yakni berkunjung ke lokasi-lokasi yang cocok sebagai sarana edukasi dalam bidang lingkungan, seni dan budaya. Perlu diketahui, Gunung api purba Nglanggeran juga menyediakan paket live in untuk siswa siswi sekolah. Atau kegiatan Community Gathering lengkap dengan nuansa pedesaan, areal outbond, kegiatan tradisi masyarakat dan lain sebagainya. Selain itu dikawasan wisata Gunung Berapi Purba Nglanggeran juga menyediakan tempat untuk menginap.


Lokasi Wisata Gunung Berapi Purba Nglanggeran
Gunung Berapi Purba Nglanggeran terletak sebelah utara Kabupaten GunungKidul lebih tepatnya berlokasi di Desa Baturagung, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogjakarta. Jika dari kota Jogja, kira - kira berjarak 25 kilometer.

Rute Menuju Wisata Gunung Berapi Purba Nglanggeran
Untuk menuju Lokasi wisata Gunung Berapi Purba Nglanggeran kalian bisa gunakakan beberapa rute:
Pertama, jika kalian dari arah Jogja Kalian bias ambil jalan menuju arah wonosari Kemudian arah menuju arah Desa Ngoro-oro, Lalu menuju arah ke Nglanggeran. Persisnya berhenti di Pendopo Joglo Kalisong alias Gunung Nglanggeran. Jarak tempuh kira-kira 30 km dari dari Kota Jogja.


Kedua Jika kalian Prambanan melalui rute Pasar Prambanan, ambil jalan menuju arah PiyunganLalu menuju arah ke Nglanggeran. Persisnya berhenti di Pendopo Joglo Kalisong alias Gunung Nglanggeran. Jarak tempuh kira-kira 20 km dari Prambanan.

Ketiga , jika dari arah Wonosari melalui rute Bunderan Sambipitu, lalu ambil kanan arah ke dusun Bobung –pusat kerajinan topeng—dan kemudian menuju Desa Nglanggeran. Jarak tempuh sekitar 20 km dari Kota Wonosari.

Ketiga, dari Solo atau Klaten melalui rute Pertigaan Bendogantungan di Klaten menuju arahWedi , Pasar dan Kecamatan/Tugu Wedi, Pesu, Mawen, Teluk, Jogoprayan, Tumpang, Sampang dan kemudian naik menanjak menuju Kawasan Baturagung. Jarak tempuh kira-kira 25 km dari Klaten.
Kalau masih binggung buka google maps saja.

3 comments