Saturday 22 April 2017

Menikmati Jernihnya Air di Wisata Umbul Manten Klaten

Wisata Klaten – meskipun Kabukaten Klaten tidak terlalu memiliki wilayah yang begitu luas, akan tetapi sumber daya alam didalamnya sangatla... thumbnail 1 summary
Wisata Klaten – meskipun Kabukaten Klaten tidak terlalu memiliki wilayah yang begitu luas, akan tetapi sumber daya alam didalamnya sangatlah menajubkan. Kabupaten Klaten juga memiliki julukan sebagai “Nagari Seribu Oemboel” (Negeri Seribu Mata Air) karena memang banyak terdapat sumber mata air diwilayahnya, sehingga banyak yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam atau pemandian oleh pemerintah sekitar, salah satunya adalah wisata sedang ngehits dan menjadi perbincagan iyalah wisata pemandian umbul manten.

foto oleh Ig @spark_n_particles

Wisata pemandian umbul manten memang belum setenar seperti umbul pongok, umbul jolotundo atau wisata umbul lainnya. Tetapi semenjak banyak orang yang membagikan foto-foto kegiatannya di umbul manten di media social seperti instagram, facebook atau twitter maka mulailah banyak orang yang mengeksplor tempat ini.

Asal mula atau sejarah dari nama wisata Umbul manten ini diambil dari cerita atau mitos yang berkembang di mayarakat setempat mengenai adanya sepasang pengantin yang melanggar larangan, yang kemudian hilang di dekat lokasi sumber mata air ini, dan jadilah mata air ini bernama Umbul Manten kata manten sendiri jika dalam bahasa jawa memilki sebuah arti yaitu pengantin.

foto oleh Ig @imusmustaqim

Wisata Umbul manten memiliki sumber mata air yang selalu mengalir dan jernih, tidak pernah mengenal musim sehingga membuat wisata Umbul Manten dijadikan salah satu destinasi wisata mata air yang yang berada di Klaten dan kini semmakin popular dan siap bersaing dengan wisata umbul lainnya.


Baca Juga : 8 Tempat Wisata Sumber Air atau Umbul di Klaten yang lagi hits


Wisata Umbul manten memang memiliki kolam yang tidak terlaalu besar, dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dengann dasar bebatuan, menjadikan air disini selalu segar, terlebih lagi jika kita menyelam, kita bisa melihat bebatuan di dasar kolam dengan jelas karena airnya sangat jernih, sehingga kita juga dapat melakukan foto didalam air.

foto oleh Ig @merinda_febiia

Suasana di sekitar kawasan juga masih alami, terdapat pohon-pohon besar dipinggir kolam, jika kita lihat sekilas memang terlihat seperti pohon beringin, namun sebenarnya pohon ini adalah pohon ipik, pepohonan ini menjadikan pemandangan kian alami sangat cocok bagi kamu yang menyukai suasana alami dan udara segar.

foto oleh Ig @novanirza

Lokasi Wisata Umbul Manten

lokasi dari wisata umbul manten ini berada di Jl. Janti, Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dan kira-kira hanya berjarak 20 km dari dari pusat kota Klaten.


Rute menuju Wisata Umbul Manten

Untuk rute menuju ke wisata umbul manten adalah jika dari Pusat Kota Klaten kalian ambil arah menuju jatinom kkemudian menuju ke Jl. Janti nah nanti ikuti papan petunjuk saja.


Harga Tiket Masuk Wisata Umbul Manten

Untuk harga retribusi tiket masuk ke wisata umbul manten hanya berkisar Rp : Rp 3000,-perorang

7 comments

  1. Keren tempatnya, mana airnya jernih lagi, asik banget deh berenang sambil bawa kamera.

    ReplyDelete
  2. thanks infonya gan , besok2 kalo liburan bisa kesini hehe

    ReplyDelete
  3. Airnya jernih bngt, tiket masuknya jg murah, apa lg pemandangan bgs kyk gtu jd gk nyesal masuk, klo d'kota ane biaya masuk tempat wisata tu mahal, trs gk trlalu bgs" jg.

    ReplyDelete