Thursday 4 May 2017

17 Tempat Wisata di Sragen Yang Wajib Kalian Kunjungi

Kabupaten Sragen adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya sendiri terletak di Sragen, atau sekitar 30 km sebelah timur K... thumbnail 1 summary
Kabupaten Sragen adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya sendiri terletak di Sragen, atau sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten Sragen juga dikenal dengan sebutan "Bumi Sukowati”, nama yang digunakan sejak masa kekuasaan Kerajaan (Kasunanan) Surakarta. Nama Sragen dipakai karena pusat pemerintahan berada di Sragen.

Mungkin banyak dari kalian yang belum tau tentang apasaja kekayaan alam yang ada di kabupaten Sragen yang dapat dijadikan salah satu destinasi wisata yang menarik. Untuk itu mari kita simak artikel berikut, yang membahas tentang destinasi-destinasi wisata yang ada di Sragen.

1. Kedung Grujug Miri Gemolong

Wisata Sragen – Wisata Kedung Grujug merupakan sebuah air terjun atau curug yang memiliki sebuah kubangan yang bisa digunakan untuk mandi atau berrenang. Tempat wisata ini bisa dibilang memiliki keindahan alam yang begitu mempesona dan penuh warna. Lokasi dari wisata Kedung Grujug Miri Gemolong berada di Desa Pungkruk Sragen Jawa Tengah. Tak hanya keindahan airnya terjunnya saja yang kita bisa,tetapi kita juga bisa menikmati bebatuan yang ada disekelilingnya air terjun yang mentakjubkan.

foto oleh Ig @saidburhanuddin

2. Museum Prasejarah Sangiran

Wisata Sragen – Kabupaten Sragen memang suda terkenal akan penemuan – penemuaan fosil manusia purba, sehingga dibagunlah sebuah Museum atau tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda peningalan zaman pra sejarah tersebut. Museum ini menyimpan beberapa penemuan fosil Meganthropus Palaeojavanicus ini dan sampai sekarang sudah memiliki banyak koleksi hingga mencapai 13.685. karena melihat dari banyaknya penemuan fosil di Wilayah Sragen , sehingga tempat ini ditetepkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi, karena bisa dijadikan sebagai sarana edukasi yang bagus untuk memahami tentang suatu perkembangan sejarah. Lokasi dari wisata museum prasejarah sangiran berada di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen.

foto oleh Ig @reyyedwin_

3. Taman Dayu Alam Asri Sragen

Wisata Sragen – wisata Taman Dayu Alam Asri Sragen merupakan sebuah Taman rekreasi yang dibangun dengan konsep wisata edukasi. Sehingga wisata Taman Dayu Alam Asri memiliki berbagai fasilitas wisata yang menari-menarik untuk dikunjungi pastinya. Lokasi sendiri berada di Desa Dayu, Kabupaten Sragen.
Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang menarik seperti Kebun Binatang Mini yang memiliki koleksi satwa seperti burung Elang, Burung Merak, Rusa, Ular dan Kangguru serta masih ada yang lain. Selain itu fasilitas menarik lainnya yang ada di tempat wisata ini adalah Flying Fox, taman lalu lintas, area wisata agro atau pertanian, serta memiliki kolam renang yang cukup besar.
Jika di hari libur tempat wisata ini akan ramai dengan pengunjung yang datang, karena wisata ini cocok sekali untuk rekreasi bersama keluarga dan teman-teman.

foto oleh (wisatanesia.co)

4. Waduk Kedung Ombo

Wisata Sragen – Wisata Waduk Kedung Ombo teletak di Desa Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, tetapi masih dalam perbatasan dengan Sragen dan Boyolali. Tempat wisata Waduk Kedung Ombo sebenarnya berfungsi sebagai penampung air yang digunakan sebagai irigasi bagi wilayah-wilayah Demak, Kudus, Blora, Semarang, Jepara, Blora, Sragen, Boyolali dan Grobogan. Selain itu juga waduk ini digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Memang awal mula didirikan waduk ini adalah bertujuan sebagai pembangkit listrik dan irigasi, tetapi karena melihat keindahan dan keeksotisannya maka tak jarang banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata.

foto oleh Ig @septi_qyl

5. Gunung Kemukus Sragen

Wisata Sragen – Wisata Gunung Kemukus sebenarnya memiliki daya tarik wisata yang cukup menjanjikan, selain itu ditempat inu juga merupakan peristirahatan terakhir Pangeran Samudro sehingga masuk kedalam salah satu destinasi wisata religi di Sragen. Tetapi sangat di sayangkan tempat ini sangat kental dengan mitos dan kepercayaan, sehingga disalah gunakan fungsinya oleh para oknum tidak bertangung jawab. Sebenarnya Pemerintah Sragen tidak duduk diam dan terus berupaya keras untuk merubah fungsi yang disalahgunakan untuk menjadi fungsi hutan yang sebenarnya, tetapi karena mitos yang berkembang sudah terlalu kuat sehingga pemerintah juga agak kesulitan.

foto oleh Ig @herikaze

6. Kolam Renang Kartika Sragen

Wisata Sragen – wisata Kolam Renang Kartika merupakan tempat wisata di Sragen yang sering dikunjungi oleh para wisatawan local maupun wisatawan dari daerah lain. Lokasi dari wisata Kolam Renang Kartika berada di dekat Stadion Sepak Bola Sragen lebih tepatnya berada di Jalan Veteran, Kota Sragen. Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengisi libur akhir pekan atau hari libur nasional bersama dengan keluarga atau teman-teman kalian. Selain itu fasilitas dari wisata Kolam Renang Kartika sudah cukup lengkap dari segi permainannya, serta disini juga terdapat sebuah kolam pemancingan. Sehingga bagi kalian yang memiliki hobby mincing tempat ini rekomendet banget. Memang para pengelola sudah cukup baik dalam menciptakan kenyamanan bagi pengunjung, sehingga wisata Kolam Renang Kartika ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama ketika hari libur tiba.
foto oleh Ig @achmady_m

7. Wisata Alam Betisrejo

Wisata Sragen – wisata alam Betis Rejo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Sragen. Tepat wisata ini memiliki pemandangan alamnya yang indah dan tentunya memiliki udara yang menyejukan. Tempat ini berlokasi di Desa Wisata ( Dewi ) Betisrejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Memang Desa Betis Rejo memang sudah ditetapkan sebagai salah satu daerah wisata yang menerapkan bahan organik dalam pengelolaannya, sehingga tidak menggunakan campuran bahan-bahan kimia pada umumnya. Nama Betis Rejo sendiri sebenarnya diambil dari tiga desa yang meliputi Desa Jambeyan, Jetis dan Sukorejo.
Di tempat ini bukan hanya memiliki hamparan sawah di perbukitan yang memanjakan mata kita, akan tetapi ada hal yang menarik disini yaitu anda bisa belajar mengolah pertanian secara organik. Dan kalau anda menginap disini tidak perlu khawatir mencari penginapan karena sudah disediakan Homestay, dan yang lebih menarik lagi disini ada juga Pemandian air panas, pijit tradisional, tempe tradisional dan suaka margasatwa. Sehingga kalian pasti akan merasanyaman berada ditempat ini.

8. Wisata Waduk Blimbing

Wisata Sragen – wisaata di Sragen yang satu ini merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi jika kalian sedang berada di Kabupaten Sragen, karena pesona alam serta keindahan waduknya tidak ada duanya. Wisata Waduk Blimbing berlokasi di desa Blimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Waduk ini memang tidak terlalu luas, tetapi karena letaknya yang dikelilingi oleh jalan raya sehingga banyak orang yang lewat menghentikan kendaraannya hanya untuk menikmati sejenak keindahan waduk.
sebenarnya fungsi utama waduk ini sebagai irigasi, tetapi Sehari-hari banyak masyarakat yang mengunakan tempat ini untuk rekreasi keluarga dan banyak pula yang menggunakannya sebagai lokasi memancing. Waduk Blimbing cukup banyak ikannya sehingga bagi mereka yang hoby memancing, cocok sekali untuk menyalurkan hobi kalian.

foto oleh Ig @tiwimiharjo

9. Pemandian Air Panas Bayanan

Wisata Sragen - Pemandian Air Panas Bayanan atau yang lebih dikenal dengan nama Hyang Tirto Nirmolo merupakan salah satu Sumber Daya Alam yang sangat berpotensi untuk dijadikan salah satu destinasi andalan Kabupaten Sragen. Tempat ini mempunyai daya tarik yang sangat menajubkan, karena pemandian air panas atau Hyang Tirto Nirmolo memiliki sumber mata air panas yang dipercaya oleh masyarakat sekitar dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal, rematik, menurunkan kolesterol, memulihkan kebugaran tubuh, memelihata kesegaran sendi dan otot, membuat awet muda, dan masih banyak lagi.
Wisata Pemandian Air Panas sudah memiliki fasilitas pendukung yang cukup memuaskan bagi pengunjung. Fasilitas yang ada meliputi Taman rekreasi dan bermain anak, Kolam Memancing, Warung Makan, Hutan Wisata, dan lain masih banyak lainnya.untuk Lokasi dari wisata ini berada di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

foto oleh (melancongdiindonesia.blogspot.com)

10. Waduk Gebyar

Wisata Sragen - Waduk Gebyar atau disebut juga dengan Waduk Brayut merupakan sebuah bendungan yang difungsikan untuk menjadi tempat penampungan air yang nantinya akan menjadi sebuah irigasi yang digunakan untuk mengaliri lahan pertanian warga sekita . tetapi karena memiliki keindahan yang sangat menawan dengan latar belakang Gunung Lawu sehingga banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sragen. Keberadaannya yang ada di tengah-tengah perbukitan, membuat suasana lebih asri dan sangat cocok dijadikan lokasi berburu gambar bagi para pecinta fotografi.Suasana waduk Gebyar menawarkan kesejukan. Banyak pengunjung menikmati sembari duduk di pinggir waduk. Wisata Waduk Gebyar berlokasi di Sambirejo Sragen Jawa Tengah .

foto oleh Ig @siska_w_28

11. Kolam renang Doeng

Wisata Sragen - Wisata Kolam renang Doeng merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah disekitaran Sragen. Pada saat akhir pecan atau hari libur tempat wisata ini selalu di penuhi para wisatawan yang ingin melepas penat serta bisa berkumpul beserta keluarga tercinta. Tempat wisata ini berlokasi di Karang malang Sragen Jawa Tengah
foto oleh http://areasoloraya.blogspot.com

12. Wisata Taman Sukowati


Wista Sragen - Wisata Taman Sukowati berlokasi di di Kelurahan Sine, Sragen, Jawa Tengah. Tempat wisata ini merupakan salah satu dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun oleh pemerintah Sragen yang dapat difungsikan sebagai tempat Rekreasi atau bersantai Ria oleh para warga khususnya warga Sragen. Suasana Taman Sukowati ini bisa dibilang sangat nyaman untuk menikmati suasana yang berbeda dari Kabupaten Sragen. Selain tempatnya yang strategis, taman tersebut juga memiliki berbagai jenis pohon-pohon yang ditanam sehingga menjadikan suasana taman ini menjadi lebih asri.

foto oleh Ig

13. Destinasi Wisata Ndayu Park

wisata Sragen - Destinasi Wisata Ndayu Park di Saradan Sragen Jawa Tengah memiliki pesona keindahan dan daya tarik yang wajib untuk kalian kunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota sragen tidak mengunjungi wisata air yang mempunyai keindahan serta permainan air yang tiada duanya tersebut. Tempat wisata berlokasi di Desa Saradan, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Destinasi Wisata Ndayu Park di Saradan Sragen Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.
foto oleh http://reportaseharga.com

14. Destinasi Wisata Gunung Banyak

Wisata Sragen - Destinasi Wisata Gunung Banyak di Srawung Sragen Jawa Tengah merupakan obyek wisata berupa pegunungan yang ada di Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Destinasi Wisata Gunung Banyak di Srawung Sragen Jawa Tengah ini sangat cocok sekali di kunjunggi oleh para pecinta alam maupun para pecinta traveling, karena ditempat wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan pastinya akan membuat kalian terkagum-kagum dengan kebesaran Tuhan sang pencipta alam. Tetapi untuk menikmati panorama yang indah tersebut butuh perjuangan yang cukup lumayan melelahkan untuk samapi di Destinasi Wisata Gunung Banyak di Srawung Sragen Jawa Tengah ini, namun apabila kalian sudah sampai semua hal tentang rasa lelah akan terbayar setelah sampai dan melihat panorama di Destinasi Wisata Gunung Banyak di Srawung Sragen Jawa Tengah.

15. Destinasi Wisata Gunung Tugel

Wisata Sragen - Destinasi Wisata Gunung Tugel di Sambirejo Sragen Jawa Tengah merupakan nama sebuah bukit setinggi sekitar 50 meter yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Sragen. Kata tugel berasal dari bahasa Jawa yang berarti patah atau terbelah. Disebut tugel karena pada bagian tengah bukit itu terbelah menjadi dua bagian. Jalan yang membelah Gunung Tugel menjadi dua bagian itu dibangun pada zaman penjajah Belanda. Jalan itu menghubungkan Desa Jambeyan Kecamatan Sambirejo dengan Desa Winong Kecamatan Gondang, Sragen.Kata tugel berasal dari bahasa Jawa yang berarti patah. Semakin perkembangan jaman tempat ini dijadikan salah satu destinasi wisata alternative yang ada di Kabupaten Sragen.

foto oleh tempatwisataindonesia.id

16. Petilasan /makam Joko Tingkir

Wisata Sragen – siapa yang tak kenal dengan Joko Tingkir. Dia merupakan salah satu Raja Kerajaan Pajang yang berkuasa pada tahun 1550-1582. Joko tingkir atau yang bernama lain Sultan Hadiwijaya memang sangatlah disegani pada zamannya. Kerajaan Pajang sendiri merupakan pewaris Kerajaan Demak dan cikal bakal kerajaan Mataram yang akhirnya melahirkan Kasultanan Yogyakarta dan Kerajaan Surakarta saat ini. Kompleks pemakaman ini saat ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kabupaten Sragen. Tempat ini sangatlah sederhana, dan lokasinya di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh, di pinggir Bengawan Solo. Di dalam kompleks itu juga terdapat makam orangtua Joko Tingkir, yakni Ki Kebo Kenanga dan Nyi Kebo Kenanga.

17. Air Terjun Dung Jengglong atau Dung Pleret


Wisata Sragen – wisata Air terjun Jengglong meruakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kabuapaten Sragen yang memiliki keindahan dan keeksotisan yang teramat luar biasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 4 meter dengan lebar air terjun ini sendiri mencapai sekitar 7 meter, dan memiliki warna air yang kehijau-hijauan. Air terjun Jengglong merupakan salah satu potensi wisata di Kecamatan Miri yang belum terlallu banyak dieksplor sehingga belum dimaksimalkan. Lokasi dari Air terjun ini sendiri berada di Desa Brojol, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen.

foto oleh Ig @soloindonesia sumber @oziekswr

52 comments

  1. Wihh keren.. tapi sayang sekali liburan telah berakhir..

    ReplyDelete
  2. Wah, belum pernah ke sragen, baca artikel ini jadi pingin vacation kesana
    ^_^

    ReplyDelete
  3. mantapp infonya gan , jadi pengen liburan

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen kesana nih...

    ReplyDelete
  5. Asli sragen, tapi belum ada waktu luang untuk mengunjungi semuanya😂😂😂 thanks sharing nya ☺☺☺

    ReplyDelete
  6. kapan kapan mau kesana gan hehe makasih infonya

    ReplyDelete
  7. Mantep mas, saya cuman pernah ke sangiran aja :3

    ReplyDelete
  8. waduk gebyar sangat saya ingin kunjungin bersama keluarga disaat liburan nanti. insyallah

    ReplyDelete
  9. Semoga bisa main ke sragen waktu liburan besok...

    ReplyDelete
  10. Ane paleng suka ke museum purba ny. Hhhe foto foto sm neneng moyang katanya si

    ReplyDelete
  11. Gunung tugel bagus tuhh ane juga pernah kesana hihi jadii ingett waktu ifuu 😂

    ReplyDelete
  12. wahhh Kedung Grujug Miri Gemolong paling menarik perhatian ane nih. ajak-ajak dong kalo main kesana gan

    ReplyDelete
  13. mntep gan, share terus perjalannya

    ReplyDelete
  14. klu ke daerah sna wjib mampir ne

    ReplyDelete
  15. wow , informasi bermanfaat , sangat membantu , kapan kapan saya ingin sekali berkunjung ..

    ReplyDelete
  16. Pemandangannya bagus banget,, jd pengen kesana nih,,

    ReplyDelete
  17. sragen emang salah kota destinasi wisata tebaik indonesia

    ReplyDelete
  18. Indonesia memang keren. Pantes aja banyak yang ngincer

    ReplyDelete
  19. nabung duu ah gan, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  20. mantp nih gan. siap2 berkunjung ke sana aah. hehe

    ReplyDelete
  21. Seru nih kalo pas main ke sragen, apalagi kalo ajak pacar liburan kesana

    ReplyDelete
  22. mantep ,referensinya bagus nih ,biar hubungan keluarga tetap positif butuh liburan juga nih :D

    ReplyDelete
  23. Wah kalo maen ke sragen boleh juga nih..

    ReplyDelete
  24. Minggu depan mau wisata di sragen hihi jadi nggak sabar untuk nunggu waktu nya

    ReplyDelete
  25. Keren keren banget tempatnya, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  26. destinasi selanjutnya nih. makasih gan.

    ReplyDelete
  27. Wah deket nih sama tempat tinggal saya, boleh nih referensi tempat nya gan bagus2 kapan2 kalo libur saya ke sragen

    ReplyDelete
  28. Nggak nyangka sragen punya destinasi mantab kayak gini. Selama ini Jogja mulu yang terekpose...

    ReplyDelete
  29. makasih banget share nya gan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  30. Saya kira di Solo aja yg banyak, ternya sragen juga .. lain waktu pasti kesana..

    ReplyDelete
  31. Recommended bangat nih, cocok buat saya yang jarang berwisata :D

    ReplyDelete
  32. wih tempatnya keren2, kapan ya bisa kesana :(

    ReplyDelete
  33. sangat kerenn destinasi wisatanya..pengen maen kesitu..

    ReplyDelete
  34. Sya fi ponorogo nih. . Kpn" mgkn ksmpean kesana

    ReplyDelete
  35. banyak juga ya, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  36. wah pengen banget ke sragen stelah lihat artikel ini. nice info gan

    ReplyDelete
  37. Jadi pengen jalan jalan gan :v entar tunggu liburan

    ReplyDelete
  38. Keren... Jadi pengen main kesana T.T

    ReplyDelete
  39. kebetulan istri orang sragen...tapi belum pernah menjelajah
    hahaha

    ReplyDelete
  40. Destinasi Wisata Ndayu Park,,acara keluarga sangat cocok untuk di akhir pekan.

    ReplyDelete
  41. Sayang sekali bisnis omset jutaan gini kalau tampilan webnya asal asalan , Nah...
    Inilah waktu yang tepat untuk membuat desain web anda tampil menarik dan punya daya jual tinggi lik di sini
    Jasa Desain Web Blog Murah
    Jangan sampai anda kehilangan calon pelanggan cuma karena web tidak nyaman dan kurang menarik perhatin , Klik di sini
    Jasa Desain Web Blog Murah

    ReplyDelete