Thursday, 23 February 2017

Eksotisnya Panorama Air Terjun Randusari Bantul Jogja

Wisata Bantul, Jogja, Lagi – lagi Kabupaten Bantul yang ada di Kota Jogja menawarkan keindahan alam yang sangat luarbiasa indahnya. Memang K... thumbnail 1 summary
Wisata Bantul, Jogja, Lagi – lagi Kabupaten Bantul yang ada di Kota Jogja menawarkan keindahan alam yang sangat luarbiasa indahnya. Memang Kabupaten Bantul, Jogja banyak memiliki surga dunia yang masih terpendam, yang masih banyak belum diketahui oleh orang-orang. Tetapi karna semakin berkembangnya teknologi informasi seperti internet dan banyaknya media sosial (medsos) seperti facebook, twitter, instagram dan masih banyak lainnya, maka surga dunia tersebut banyak dieksplor dan dijadikan sebagai objek wisata. satunya seperti yang akan saya bahas yaitu Air Terjun Randusari.

Air Terjun Randusari merupakan salah satu wisata air terjun di daerah Dlingo Bantul, Jogja. Kawasan Air Terjun Randusari ini memang masih jarang diketahui orang atau para pecinta traveler sebagai salah satu objek wisata yang ada di Bantul, Jogja. Jika dibandingkan dengan Air Terjun Pulosari dan Air Terjun Lepo yang masih dalam satu wilayah Kabupaten Bantul Jogja Air Terjun Randusari masih kalah tenarnya. Padahal panorama alam dan keindahnya air terjunnya mampu bersaing dengan Air Terjun Pulosari dan Air Terjun Lepo. Sebetulnya air terjun ini awalmulanya bernama air terjun Banyunibo namun karena adanya kesamaan, dan akhirnya diubah menjadi Air Terjun Randusari karena terdapat beberapa pohon randu.
 foto by @jokowiwahyudi
Air terjun randusari ini awal mulanya hanya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk sumber air bersih dan pengairan sawah saja, akan tetapi karena melihat prospek keindahannya jadi Air terjun randusari ini diubah oleh warga menjadi salah satu objek wisata yang ada di Bantul, jogja. Sekarang disekitar lokasi wisata air terjun randusari sudah disediakan beberapa gazebo dan fasilitas penunjang lainnya yang memang diperuntukkan bagi para pengunjung.

Lokasi Air Terjun Randusari terletak di dusun Rejosari, desa Jatimulyo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Seperti yang saya bahas tadi Asal-usul nama Randusari berasal dari keberadaan pohon randu yang tumbuh di tepi Air Terjun Randusari ini. Air Terjun Randusari berada di daerah perbukitan kapur Dlingo sebelah timur yang dekat perbatasan dengan kabupaten Gunung Kidul dan dekat dengan Hutan Pinus Mangunan. Perjalanan menuju ke Air Terjun Randusari dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.
foto by @dedetisno

Panorama yang disuguhkan oleh Air Terjun Randusari pastinya sangatlah indah dan juga eksotis, karena Air Terjun Randusari memiliki dua buah aliran air terjun yang lumayan tinggi dan cukup deras. Selain itu Air Terjun Randusari ini juga memiliki kedalaman yang lumayan, jadi banyak hal yang bias kalian lakukan seperti mandi dibawah aliran air atau di kolamnya. Jika kalian tidak mau mandi, ada alternative lain yang bias kalian lakukan seperti bermain air atu mengeksplor Air Terjun Randusari dengan berfoto. Ada juga fasilitas hammock atau tempat tidur gantung yang di pasang di dekat Air Terjun Randusari.

Wih pasti pengalaman kalian berwisata di jogja akan semakin lengkap jika kalian berkunjung di Air Terjun Randusari yang terletak di dusun Rejosari, desa Jatimulyo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta ini.

Jadi jangan sampai lupa untuk mengunjugi dan mengeksplor Air Terjun Randusari dan jika kalian sedang mencari referensi berwisata di jogja masukkanlah Air Terjun Randusari sebagai daftar wisata kalian, karena kalian akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan cukup menarik di objek wisata Air Terjun Randusari ini.

foto by  @inda_robinson
 
Untuk rute atau jalan menuju Air Terjun Randusari ini ada dua pilihan jalur alternative yang pertama jika kalian dari arah Jogja pilih Jalan Wonosari jika sampai Pos Polisi Pathuk, belok kanan ke arah Kecamatan Dlingo – Dusun Dodogan dan ikuti papan petunjuk menuju Air Terjun Randusari. Rute atau jalan alternative yang ke dua dari Jogja Kota pilih Jalan Imogiri Barat ke arah Mangunan sesampainya di simpang tiga Mangunan belok kanan (jika ke kiri menuju Hutan Pinus) trus menuju Dusun Dodogan setelah itu ikuti papan petunjuk menuju Air Terjun Randusari. jika kalian masih binggung coba buka google maps.

Oke selamat mengeksplor Air Terjun Randusari yang terletak di dusun Rejosari, desa Jatimulyo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta ini. Dan jika kalian ingin membantu mengenalkan objek wisata Air Terjun Randusari ini jangan lupa untuk di share keteman-teman kalian.

15 comments

  1. Kalau ada waktu ane mampir kesana asyik tuh hehe

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah ke jogja kelas 3 smo tapi gak pernah kesini. Hehehe

    ReplyDelete
  3. mntap nie buat liburan akhir tahun ni,,

    ReplyDelete
  4. Liburan tahun baru kesana asik kayaknya, semoga aja tempatnya friendly

    ReplyDelete
  5. Wah bagus bgt tuh, kapan kapan sy kesana deh mo nyobe hee

    ReplyDelete
  6. tiduran di tempat tidur gantung di atas air terjun randu sari yang indah pasti luar biasa

    ReplyDelete
  7. Ajigile ajikonde bagus bener, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  8. mantep banget nih pemandangannya bang ane mau bookmark dulu buat liburan nanti ahk

    ReplyDelete
  9. jadi pingin coba ke sama nih gan :)

    ReplyDelete
  10. saya waktu ke jogja pernah ke gua pindul gan sama borobudur ,, smoga ssuatu saat bisa kesini

    ReplyDelete
  11. Wah bisa dijadikan referensi buat liburan sama keluarga

    ReplyDelete
  12. Sangat membantu min semoga kapan2 bisa ksana

    CV Tugu

    ReplyDelete