Friday 24 February 2017

Keindahan dari Air Terjun atau Curug Sudimoro di Kebumen

Wisata Kebumen, Memang tidak hanya kaya dengan objek wisata pantainya , Kabupaten Kebumen juga memiliki daya tarik objek wisata lain, yang ... thumbnail 1 summary
Wisata Kebumen, Memang tidak hanya kaya dengan objek wisata pantainya, Kabupaten Kebumen juga memiliki daya tarik objek wisata lain, yang juga tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan objek wisata pantai. Ya memang Kabupaten Kebumen banyak memiliki surga dunia atau tempat wisata yang menarik untuk dikunjugi, salah satunya adalah air terjun atau orang di sekitar bilang curug. Pada kesempatan ini saya akan eksplor lebih jauh air terjun atau curug yang ada di Kebumen yaitu Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro.

Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro adalah air terjun atau curug dengan ketinggian mencapai 35 meter lebih. Yang unik dari Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro yaitu air terjun ini memiliki tiga buah tingkatan air terjun yang tersusun secara berundak. Setiap tingkatan dari Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro ini memiliki ketinggian yang berbeda, tetapi hal tersebut menjadikan Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro ini sebagai air terjun yang unik dan eksotik. Air terjun ini juga memiliki debit air yang cukup deras dan stabil terlebih jika musim penghujan tiba. Hal tersebut dikarenakan sumber air dari Curug Sudimoro terdapat pada aliran Kali Putih yang berhulu di wilayah perbukitan pererbatan Kabupaten Kebumen dengan Banjarnegara.
 foto by (fb : Gio Hmmc Ajja‎)

Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro terletak berada di balik rimbunnya hutan pinus di RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Somagede, BKPH Karanganyar, KPH Kedu Selatan, Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Dengan kesejukan alam disekitar Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro ini maka, lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan referensi untuk mengisi hari libur kalian. Karena kalian pasti telah lelah menghabis sepekan kalian, jadi sempatkanlah refreshing ke Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro ini.

Air Terjun Sudimoro terletak di perbatasan Desa Donorojo dengan Desa Kenteng Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Kondisi jalan menuju Air Terjun Sudimoro sudah baik meski masih ada sebagian jalan yang rusak tetapi hal tersebut akan terbayar semua jika kalan sudah sampai.
 foto by (fb : Mas Toto Gombong‎)

Adapun rute atau jalur menuju Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro adalah :
Jika kalian dari Kabupaten Kebumen pilih jalan Ke arah utara menuju Jalan Mayjend Soetoyo - Belok kiri di perempatan ke-1 ke Jalan Mayjend Soetoyo - Terus saja  ke Jl. Kapten Piere Tendean -  Belok kanan untuk tetap di Jl. Kapten Piere Tendean -Terus ke Jl. Karangsambung - Belok kanan untuk tetap di Jl. Karangsambung, - Belok kiri untuk tetap di Jl. Karangsambung, - Belok kiri menuju Jl. Raya Wonotirto, - Terus ke Jl. Raya Wonotirto , -  Belok kanan ke Jl. Raya Kalibening, - Belok kanan ke Jl. Raya Gunungsari  - Belok kiri ke Jl. Raya Glontor  - Terus ke Jl. Raya Binangun - Belok kiri ke Jl. Raya Lawangaw - Belok kanan ke Jl. Raya Kenteng dan akhirnya sampai di Air Terjun atau  Curug Sudimoro.
Jika kalian dari Kota

Gombong Ke arah timur menuju Jl. Gereja Terus ke Jl. Sapta Marga, > Terus ke Jalan Raya Gombong - Kenteng/Jl. Raya Kenteng > Terus lurus ke Jl. Karangasem > trus ke Jl. Siterong > ambil Jl. Raya Lawangawu > Belok kanan ke Jl. Raya Kenteng dan ikuti saja papan menuju Curug Sudimoro.

Dan karena jalannya sudah cukup bagus maka kalian bias gunakan kendaraan pribadi seperti motor. jika kalian masih binggung coba buka google maps.

Karena sudah menjadi obyek wisata, maka Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro sudah dilengkapi sejumlah fasilitas sarana dan prasarana untuk dapat digunakan oleh para pungunjung seperti MCK, Mushola, Tempat Parkir dan juga Warung Makan.

Oke selamat mengeksplor Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro yang terletak di Kebumen ini. Dan jika kalian ingin membantu mengenalkan objek wisata Air Terjun Sudimoro atau Curug Sudimoro ini jangan lupa untuk di share keteman-teman kalian.