Thursday, 16 March 2017

8 Tempat Wisata Sumber Air atau Umbul di Klaten yang lagi hits

Wisata Klaten , Kekayaan alam Kabupaten Klaten memang sangat istimewa sehingga memiliki julukan sebagai “Nagari Seribu Oemboel” (Negeri Ser... thumbnail 1 summary
Wisata Klaten, Kekayaan alam Kabupaten Klaten memang sangat istimewa sehingga memiliki julukan sebagai “Nagari Seribu Oemboel” (Negeri Seribu Mata Air) . Hal itu menunjukkan bahwa Klaten adalah wilayah dengan banyak sumber mata air. Sehingga membuat Klaten semakin populer di kalangan para wisatawan setelah banyak wisatawan yang mengeksplor lokasi-lokasi mata air menawan dan jernih airnya. Tak tanggung-tanggung wisatawan yang datang bisa dari penjuru Indonesia ada juga wisatawan mancannegarannya.
Berikut wisata mata air atau umbul yang bisa jadi referensi wisatamu di Klaten:

1. Umbul Pongok
Berbicara tentang wisata di Klaten yang paling populer, Umbul Ponggok adalah jawabannya. Ada apa sih di Umbul Ponggok? Umbul Ponggok merupakan salah satu spot snorkeling yang paling direkomendasikan d pulau Jawa. Biasanya snorkeling dilakukan dipantaikan, tetapi kali ini snorkeling bias juga dilakukan disini. Sekilas mungkin Umbul Ponggok ini terlihat seperti kolam yang biasa saja. Tapi tunggu sampai kamu menyelam, pemandangan bawah airnya yang jernih serta aneka ikan warna-warni pastinya akan membuat kamu terpesona. Selain itu di Umbul Ponggok ini pengunjung juga ditawarkan berfoto di dalam air dengan berbagai objek tambahan, seperti tv, sepeda, dan masih banyak lagi. Pokoknya gak bakal nyesel.Lokasi wisata Umbul Ponggok Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk dan Penyewaan Alat di Wisata Umbul Ponggok menyewa kamera underwater dengan harga sewa Rp 60.000,- untuk 30 menit dan Rp 100.000,- untuk 1 jam.

  foto by jogjatasemawamobil.com
2. Umbul Kapilaler
Wisata Umbul Kapilaler merupakan suatu umbul atau sumber mata air yang tidak terlalu besar, namun airnya sangat jernih dengan dasar berupa batuan dan tanah. Serasa sangat indah karena di dalam umbul juga berada beberapa jenis ikan yang dapat membuat suasana menjadi semakin alami. Wisata Umbul Kapilaler ini juga memilliki letak yang sangat unik yaitu berada di bawah pohon beringin yang besar dan rindang, akan menambah suasana menjadi menenangkan dan menyejukan pastinya. Pastinya Tak kalah dengan wisata umbul yang lain, wisata di umbul kapilalerini juga menawarkan sesuatu yang menarik. Setiap pagi dan sore hari, umbul ini dimanfaatkan oleh warga untuk mandi.
Lokasi wisata Umbul Kapilaler: Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk Wisata Umbul Kapilaler untuk sementara ini masih gratis.

foto by desaklaten.com

3. Umbul Sigedang
Wisata Umbul Sigedang merupakan salah umbul atau sumber mata air di Klaten yang digunakan oleh salah satu perusahaan air mineral ternama di Indonesia. Tetapi tempat ini juga masih digunakan untuk temat berwisata. Pengelola selalu menjaga kemurnian air di mata air ini dengan baik, dengan adanya larangan bagi pengunjung atau wisatawan yang sedang berenang untuk tidak menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya didalam kolam. Meski ramai digunakan oleh pengunjung untuk berendam, air ini terjaga kesegarannya karena airnya di Wisata Umbul Sigedang mengalir sangat deras sehingga air tidak hanya berputar didalam kolam saja.
Lokasi Wisata Umbul Sigedang berada di Dusun Umbulsari, Kelurahan Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk Wisata Umbul Sigedang berkisar: Rp 6.000,- dengan tambahan uang parkir.

foto by @terkecu

4. Umbul Cokro Tulung
Wisata Objek Mata Air Cokro (OMAC) juga seringkali menjadi pilihan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan di objek wisata di Klaten. Wisata Objek Mata Air Cokro merupakan sebuah objek wisata kolam renang atau waterpark yang menawarkan banyak pilihan permainan air yang sangat menarik, selain itu tempat ini juga lokasinya sangat mudah dijangkau karena masih terletak di dekat umbul ponggok. Fasilitas yang adapun cukup lengkap seperti salah satunya adalah waterboom dan lain-lainnya. Pasti akan sangat cocok untuk jadi destinasi liburan bersama keluarga atau teman - teman.
Lokasi Objek Wisata Mata Air Cakra : Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk Objek Wisata Mata Air Cakra berkisar di hari biasa adalah Rp 15.000,-per2orang dan jika dihari libur bisa sampai Rp 11.500,-perorang

foto by Yukpiknik.com

5. Umbul Manten
Nama wisata Umbul manten ini diambil dari cerita rakyat mayarakat setempat mengenai adanya sepasang pengantin yang melanggar larangan, yang kemudian hilang di dekat lokasi sumber mata air ini, dan jadilah mata air ini bernama Umbul Manten. Manten dalam bahasa jawa memilki sebuah arti pengantin.
Wisata Umbul manten memiliki sumber mata air yang selalu mengalir dan jernih, tidak pernah mengenal musim sehingga membuat wisata Umbul Manten dijadikan salah satu destinasi wisata mata air yang yang berada di Klaten dan kini semmakin popular dan siap bersaing dengan wisata umbul lainnya.
Lokasi Wisata Umbul Manten: Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk Wisata Umbul Manten ini berkisar Rp : Rp 3000,-perorang

foto by fb umbul manten

6. Umbul Nilo
Wisata Umbul Nilo memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari wisata Umbul Ponggok, hanya sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Memang jika dibandingkan dengan wisata umbul Ponggok,wisata Umbul Nilo ini memiliki ukuran kolam yang lebih kecil, tetapi tidak akan menguranggi keindahan wisata bawah airnya.
Di Lokasi sekitar wisata umbul nilo ini terdapat sejumlah pohon Ipik yaitu jenis pohon yang menyerupai pohon beringin. Kolam alami dari wisata Umbul Nilo ini memiliki dasaran berupa bebatuan dengan air yang begitu jernih sehingga dasar kolam terlihat sangat jelas, jernihnya air, menjadikan tempat tersebut sangat nyaman untuk berenang dan kesegaran airnya akan terasa langsung kebadan kita.
Lokasi Wisata Umbul Umbul Nilo ini berada di Dusun Margosuka, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk Wisata Umbul Nilo ini berkisar Rp. 5 ribu per orang.


7. Umbul Pluneng
Nama wisata umbul pluneng berasal dari suatu perkataan yaitu “nyemplung seneng” atau terjun kedalam air langsung senang. Ditempat ini sebetulnya memiliki dua sumber mata air yang dijadikan objek wisata, yakni pemandian Tirto Mulyono yang lebih identik dengan kolam untuk para laki-laki dan Tirto Mulyani yang lebih identik dengan kaum wanita. Namun, semakin kesini hal tersebut sudah sedikit berubah sehingga semua wisatawan lebih memilih untuk berenang di Kolam Tirto Mulyono.
Jika dibandingkan dengan wisata umbul atau sumber mata airlainnya, di tempat wisata Umbul Pluneng ini sering dijadikan tempat untuk ritual kungkum atau berendam. Bagi masyarakat setempat, ritual tersebut dipercaya sebagai sarana yang bisa membantu seseorang mewujudkan keinginannya.
Tetapi terlepas dari itu semua memang tempat wisata umbul pluneng ini memiliki kolam yang cukup besar dan memiliki sumber mata air yang sangat jernih sehingga cocok sekali untuk menghabiskan waktu libur kalian untuk berendam.
Lokasi Wisata Umbul Pluneng berada di Desa Pluneng kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk Wisata Umbul Pluneng berkisar dari Rp3000-Rp4000 + uang parkir


8. Umbul Gedaren 
Nama Umbul Gendaren ini berasal dari kisah masyarakat sekitar tentang seseorang danyang desa, yang memiliki nama Dewi Siti Sundari alias Gendari. Konon, danyang itu bersemayam di umbul wedok di Gedaren. Jadi terdapat Mitos jika siapa pun yang mandi di umbul tersebut akan terlihat lebih cantik. (Hehe bagi kaum wanita pasti sangat seneng mendengar hal tersebut)
Di Umbul Gendaren ini juga ada batu hitam sebagai penanda jika raja Pakubuwono (PB) X pernah semedi di sini
Umbul Gedaren terdiri dari dua bagian, yakni umbul wedok dan umbul lanang. Semua sumber mata air dikedua umbul tersebut mengalir dengan deras dan memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan. Sama seperti di umbul lainnya di wisata umbul ini juga dilarang menggunakan sampo atau sabun yang mengandung bahan kimia itu semua untuk menjaga kejernihan sumber mata air.
Lokasi Wisata Umbul Umbul Gedaren berada di Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk Wisata Umbul -

foto by @van_rizkie
 

19 comments

  1. mantap, indonesia memang surga dunia, gak hanya dibali~

    ReplyDelete
  2. Kerennya.. wih next trip klo ke klaten nih hehe...

    ReplyDelete
  3. keren tempatnya, jadi pengen kesana liburan nanti...

    ReplyDelete
  4. Jernih banget gan. Jadi pingin ke Klaten. Selama kesana belum pernah coba wisata ini

    ReplyDelete
  5. Tempat yg indah.. meski belum sempet kesana.. tetap disyukuri karena masih bisa menikmatinya melalui pemandangan via image.

    ReplyDelete
  6. waaah mantaap,.. wajib dicoba nih kalo ke san.. thanks gan infonya..

    ReplyDelete
  7. Nggak nguras kantong, tpi ttep Kren.

    ReplyDelete
  8. Nice info, jadi pengen ngetrip kesana nih..

    ReplyDelete
  9. seger dan adem liatnya, cek artikel kita juga tentang terapi kejantanan ya

    ReplyDelete
  10. wah cocok nih buat referensi liburan keluarga. thanks gan

    ReplyDelete
  11. wahh jadi pingin kesini gan mantap kalau ke jawa bklan ke sini nih

    ReplyDelete
  12. wihhh keren banget gan. jadi pengen kesana :D

    ReplyDelete
  13. lah itu nomor 1 orangnya bisa naik sepeda yee...kwkwkwkwkwkwk...boleh nih atur waktu nyobain kesituu

    ReplyDelete
  14. Semoga sumber air bisa terjaga. 😭

    ReplyDelete
  15. tempatnya asik banget ya, enak pasti bisa visit kesana

    ReplyDelete
  16. pengen nyoba maen kesana Wisata,,seru banget kelihatannya
    kalau ke jogja jangan lupa kunjungi kami Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete
  17. wah cantiknya pemandangannya,,pengen keliling semua Lauwba

    ReplyDelete