Friday 31 March 2017

Keindahan Goa Barat, Wisata Menantang di Kebumen

Wisata Kebumen – Kalian ingin merasakan suasana wisata yang berbeda dan lebih menantang di Kabupaten Kebumen? Nih saya memiliki tempat dest... thumbnail 1 summary
Wisata Kebumen – Kalian ingin merasakan suasana wisata yang berbeda dan lebih menantang di Kabupaten Kebumen? Nih saya memiliki tempat destinasi wisata yang unik dan bisa di bilang cukup ekstrime yang masih berada di Kabupaten Kebumen. Wisata ini bernama wisata goa barat.

Wisata Goa barat merupakan wisata alam cukup menantang dan ekstrim, karena Wisata Goa barat ini memiliki kedalaman yg belum bisa ditentukan , tetapi baru 6,1 km sudah dipetakan. Sehingga tempat wisata ini sudah cukup aman untuk dieksplor.

foto by Ig @hoods_son

Nama Gua Barat ini berasal dari karakter alamiah sekitar goa, yaitu ketika angin kencang dari arah dalam seringkali menerpa mulut gua. Angin kencang tersebut dalam bahasa Jawa dijuluki angin barat sehingga masyarakat sekitar menamai goa ini dengan goa barat.

Tenang saja untuk masuk kedalam goa kalian akan dipandu oleh seseorang pengelola yang sudah terbiasa memandu para wisatawan yang ingin mengeksplor dan menelusuri goa barat ini. Setiap pemandu akan menunjukan tempat – tempat yang keren untuk kalian mengabadikan lewan foto, serta pemandu juga akan menjelaskan tentang sejarah yang pernah ada di wisata goa barat ini.

Tapi sekalilagi Wisata Goa barat bias dibilang cukup ekstrim meskipun sebenarnya sudah aman, tetapi sebaiknya kalian harus benar-benar siap mental terlebih dahulu sebelum mengeksplor tempat ini, jangan sampai kalian mengeluh ketika sudah masuk kedalam goa ya.

foto by Ig @anggaaaaar

Wisata Goa barat memiliki tipe goa yang cukup unik yaitu trek yang digunakan untuk menelusuri goa yaitu berupa trek air. Tapi tenang penelola sudah menyediakan alat savety seperti pelampung, helm, dan sepatu khusus caving, selain itu senter juga sangat penting kalian bisa bawa sendiri atau menyewa.

Yang lebih menarik dari Gua Barat yaitu memiliki setidaknya seratus air terjun yang terletak di dalam goa. Air terjun yang ada didalam goa cukup berfariasi bias dari ketinggian 8 meter ada juga yang sampai ketinggian 32 meter sehingga orang-orang menamai air terjun tersebut yaitu Superman’s Big Sister.

Selain itu panorama bebatuan runcing yang menjulur dari atas langit-langit gua atau stalaktit sangat eksotis dan menajubkan, sehingga kita tidak akan berhenti mensyukuri dan takjub akan ciptaan Tuhan ini.

foto by Ig @andregorie

Oh iya untuk biaya retribusi masuknya tersendiri sebesar Rp. 50.000/orang. Tetapi semua itu sudah termasuk biaya pemandu dan peralatan seperti pelampung, helm, dan sepatu khusus caving.

Lokasi atau alamat Wisata Goa barat Kebumen
Wisata Goa barat ini Terletak di pegunungan karts Gombong Selatan, lebih tepatnya berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Atau berada di sebelah timur Goa Jatijajar. Goa ini juga dikenal dengan goa 100 air terjun.

Rute menuju Wisata Goa barat Kebumen
Adapun rute yang kalian gunakan jika dari Gombong ambil Ke arah barat menuju Jalan Dewi Satika, kemudian Belok kanan ke Jl. Nasional III trus ambil ke Jl. Karang Bolong, trus ke Jl. Kuwarasan-Jatijajar/Jl. Raya Banyumudal dan tingal ikuti saja papan petunjuk ke Goa Barat, yang berada di Jl. Pala Marta KM. 0, RT. 2 / RW. 7, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Jika kalian dari kebumen ambil saja jalan ke Jl. Karang Bolong, trus ke Jl. Kuwarasan-Jatijajar/Jl. Raya Banyumudal dan tingal ikuti saja papan petunjuk ke Goa Barat, yang berada di Jl. Pala Marta KM. 0, RT. 2 / RW. 7, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

1 comment