Wednesday 1 March 2017

Surga Dunia dari Air Terjun Gedad Gunung Kidul Jogjakarta

Wisata Gunung Kidul, Jogja, Gunung Kidul merupakan sebuah Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Kidul memili kepadatan penduduknya... thumbnail 1 summary
Wisata Gunung Kidul, Jogja, Gunung Kidul merupakan sebuah Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Kidul memili kepadatan penduduknya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lainnya di D.I.Yogyakarta. Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Gunung Kidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, namun menyimpan berbagai macam tradisi yang unik, selain itu potensi pariwisata, budaya, maupun kuliner sangatlah berkembang dengan baik.
 
 foto by fb. Untung Budi Prasetya Utama

Mungkin bagi pencinta wisata pantai, nama Gunung Kidul sudah tidak asing lagi, karena wilayah Gunung Kidul Jogja tersebut banyak memiliki berbagai wisata pantai yang sangat diminati wisatawan. Tetapi akhir-akhir ini banyak ditemukan wisata baru yang menarik dan memiliki daya tarik dan keindahan yang luarbiasa dan bisa dijadikan alternative berwisata, salah satunnya adalah Air Tejun Gedad, objek wisata baru dengan keindahan alam yang masih alami di Gunung Kidul.

Air terjun gedad terletak di Dusun Gedad, Desa Banyusuco, Kecamatan Playen, Kab. Gunung Kidul, Jogjakarta, makanya air terjun ini dinama Air terjun gedad. Air terjun gedad belum teerlalu banyak dieksplor sehingga tempat wisata ini masih sangat sepi pengunjung padahal air terjun gedad ini bisa dibilang sangat indah, dan tentunya eksotis dan cocok buat bersenang senang dan menghabiskan hari libur bersama keluarga atau teman-teman terdekat.

  foto by fb Eko Hartanto

Air terjun gedad memiliki sumber air yang berasal dari lima kawasan perbukitan yang ada di sekitar lokasi, yaitu sumber air Glunggung, Sumber Clenguk, suber air Karang Kulon dan lain-lainnya. Semua sumber air tersebut mengalir menuju satu tempat yaitu Air terjun gedad sehingga Air terjun gedad ini memiliki volume air yang cukup deras dan sangar stabil jadi cocok dikunjungi kapanpun.


Sudah tidak usah diragukan lagi tentang keindahan daan keunikan Air terjun gedad ini karena Air terjun gedad ini memiliki tipikel air terjun yang memiliki banyak sekali tingkatan, dan air yang cukup deras, jadi banyak hal yang bisa kalian lakukan di Air terjun gedad ini seperti mandi, bermainn air atau mengeksplor keindahan Air terjun gedad ini. Karena melihat sumber daya alam yang begitu indah dan memiliki prospek yang baik, maka Saat ini Air Terjun Gedad sedang gencar-gencarnya untuk dipromosikan dan sangat didukung oleh pemerintah setempat agar menjadi salah satu wisata alam yang tentunya dapat memikat pengunjung , hal ini didukung juga dengan peningkatan beberapa sarana dan fasilitas pendukung guna kenyamanan pengunjung.

 foto by fb Emy

Air Terjun Gedad berada tidak terlalu jauh dari beberapa obyek wisata lainnya seperti Goa Rancang Kencono dan juga Air Terjun Sri Gethuk yang ada di Bleberan. Dari lokasi wisata tersebut mungkin tidak sampai setengah jam perjalanan untuk tiba di Air Terjun Gedad. Tetapi jika dari kotaJogja sekitar 1,5 jam perjalanan.


Adapun Rute atau petunjuk jalaan untuk menuju Air Terjun Gedad. Jika dari Jogja – Piyugan – Pathuk – sampai di pathuk cari petunjuk arah ke sri gethuk – sampai pos sri gethuk ambil jalan yang ke kiri kurang lebih 5KM. dan akan ketemu dengan kelurahan banyusuco setelah itu ambil kiri lagi dan ikutin petunjuk arahnya menuju Air Terjun Gedad. Jika masih binggung gunakan aplikasi google maps atau lainnya.

No comments

Post a Comment