Friday, 3 March 2017

Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah

Wisata Kebumen , Kabupaten Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang berada di Profinsi JawaTengah, dan secara geografis, Kabupaten Kebume... thumbnail 1 summary
Wisata Kebumen, Kabupaten Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang berada di Profinsi JawaTengah, dan secara geografis, Kabupaten Kebumen terletak pada 7°27' - 7°50' Lintang Selatan dan 109°22' - 109°50' Bujur Timur. Kabupaten Kebumen mempunyai luas wilayah sebesar 1.581, 11 km² dengan kondisi beberapa wilayah merupakan daerah pantai dan pegunungan, namun sebagian besar merupakan dataran rendah.

Kabupaten Kebumen memang banyak memiliki tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi seperti objek wisata pantainya, objek wisata Air Terjun Sudimoro, bukit pranji dan masih banyak lainnya. Tetapi Kabupaten Kebumen juga memiliki daya tarik objek wisata lain, yang juga tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan objek wisata pantai. Ya memang Kabupaten Kebumen banyak memiliki surga dunia atau tempat wisata yang menarik untuk dikunjugi, salah satunya adalah Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah atau Jembangan Wisata Alam (JWA).

Sejarah Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah
Wisata Alam Jembangan diresmikan pada tahun 2011 oleh Bupati Kebumen yaitu H.Buyar Winarso, S.E, sebagai salah satu destinasi pariwisata di Kebumen . Wisata Alam Jembangan merupakan objek wisata danau atau telaga, dan di bagian ujung telaga ini dimanfaatkan sebagai bendungan air yaitu bendungan Pejengkolan, terusan pintu air bagian timur dari waduk Wadaslintang yang berada di Kabupaten Kebumen.
 foto (wisatajembangan.hol.es)

Tentang Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah
Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah bisa dibilang merupakan sebuah objek wisata alam paling baik di Kabupaten Kebumen karena tempat wisata ini telah dikelola dengan baik, dan selain itu sarana dan prasarana pendukung sudah sangat lengkap dan terawat dengan baik sehingga kenyamanan pengunjung sangat diperhatikan . Kawasan objek wisata Jembangan menawarkan objek wisata alam yang dipadukan dengan fasilitas yang kekinian. Objek wisata jembangan memiliki panorama atau pemandangan danau atau telaga yang memiliki warna kehijauan dan dipadukan dengan indahnya hijau pepohonan hutan yang mengelilingi danau atau telaga. Selain itu ada beberapa spot yang cocok untuk melakukan berfoto bagi para kaula muda salah satunya adalah dua buah jembatan yaitu jembatan Gantung dan jembatan waduk Pejengkolan. Letak kedua jembatan ini agak jauh dari kawasan utama telaga Jembangan. Jembatan Gantung terletak di sebelah kiri pintu masuk, sedangkan Jembatan Waduk Pajengkolan terletak di sisi kanan pintu masuk Jembangan. Tetapi tenang saja apabila kalian ingin menikmati kedua spot jembatan tersebut, maka untuk menuju lokasinya, kalian langsung menggunakan fasilitas yang ada yaitu sebuah perahu mesin, namun tentu akan dikenai biaya tambahan, karena lokasinya yang memang cukup jauh dari dermaga tempat perahu mesin bersandar. Selain itu masih banyak spot atau lokasi yang lebih menarik seperti Kolam untuk pemancingan, Zona outbound, Wahana untuk anak-anak, kebun binatang Jembangan serta fasilitas pendukung lainnya. Pokoknya tempat wisata ini cocok buat destinasi liburan keluarga maupun liburan bersama temen- teman di Kebumen.

 foto by ( Lintas Kebumen - WordPress.com)

Harga dan Tiket Masuk ke Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah
Untuk dapat masuk kedalam Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah ini para pengunjung akan di kenai Retribusi atau karcis masuk ke Wisata Alam Jembangan adalah sebesar kurang lebih Rp 3.000,- per orang (mungkin bias berubah sewaktu-waktu). Tetapi untuk menikmati fasilitas lainnya, seperti kebun binatang, wahana mainan, naik perahu dan sebagainya akan dikenakan biaya lagi, tetapi biaya tersebut juga buat perawatan fasilitas yang ada.
foto (imgrum.net)

Lokasi atau alamat Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah
Jembangan Wisata Alam (JWA) terletak di sebelah timur utara dari kabupaten Kebumen. Berada pada dataran tinggi, dengan jarak kurang lebih 20 km dari kota Kebumen lebih tepatnya berada di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen.

Rute ke Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah
Adapun rute atau jalan menuju Jembangan Wisata Alam (JWA) jika kalian dari arah timur wilayah kabupaten Kebumen, adalah ke arah barat sampai pada terminal Prembun, maju sedikit sampai ke pertigaan lampu merah, setelah itu belok ke kanan mengikuti jalur atau jalan raya Prembun – Wadaslintang. Dan nanti akan melihat papan nama / spanduk atau plang penunjuk arah lokasi wisata Jembangan saat masuk ke desa Kabuaran di sebelah kiri / barat jalan raya ada. Dari papan petunjuk arah masuk ke Jembangan di desa Kabuaran tersebut membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 20 menit untuk bisa sampai ke lokasi wisata danau Jembangan. Untuk yang dari arah barat hamper sama saja kok jalurnya.

Peta Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah
lihat digoogle maps ya disini

 Sekian dulu artikel tentang destinasi Tempat Wisata Alam Jembangan Di Kebumen Jawa Tengah, semoga bermanfaat dan boleh juga kalian share atau bagikan keteman atau sodara kalian.

No comments

Post a Comment