Friday 3 March 2017

Pesona Pantai Indrayanti di Wonosari Yogyakarta

Wisata Gunung Kidul, Jogja, Mungkin bagi pencinta wisata pantai, nama Gunung Kidul sudah tidak asing lagi, karena wilayah Gunung Kidul Jogja... thumbnail 1 summary
Wisata Gunung Kidul, Jogja, Mungkin bagi pencinta wisata pantai, nama Gunung Kidul sudah tidak asing lagi, karena wilayah Gunung Kidul Jogja tersebut banyak memiliki berbagai macam wisata pantai yang sangat diminati wisatawan karena keindahannya. Tetapi ada juga wisata yang memiliki daya tarik dan keindahan yang luarbiasa, salah satunnya adalah Air Tejun Gedad, objek wisata gunung purba, beberapa embung atau danau diatas bukit dan masih banyak lainnya. Tetapi kali ini saya akan membahas wisata Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal.

Sejarah Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Pada Awalnya, pantai ini dikenal dengan Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi dari berbagai pihak . nama Indrayanti sebetulnya bukanlah nama pantai, melainkan nama warung dan restoran. Tetapi karena kebanyakan dari wisatawan membaca papan nama warung atau restoran dan akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.
Sedangkan pemerintah Gunung Kidul menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti malah jauh lebih populer dibandingkan Pantai Pulang Syawal. Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal dikelola pihak swasta sehingga kebersihan pantainnta sangat terjaga berbeda dengan pantai-pantai lain.
Pantai Indrayanti Yogyakarta www.wisatatiga.com

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Pantai Indrayanti ini memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah dan eksotis dan dipadukan dengan debruyan ombak pantai selatan yang sudah memiliki ciri khas. Dan Uniknyya lagi ketika kalian berkunjung kesini kalian bisa menikmati keindahan deretan pantai yang berada disebelah barat dari Pantai Indrayanti yaitu pantai Sundak, dan pantai Somadeng. Jadi sekali berkunjung kalian bisa menikmati beberapa pantai sekaligus.
Banyak hal yang bias kalian lakukan disini seperti bermain pasir putih atau bermain air, namun ada yang harus kalian perhatikan jika ingin mandi di pantai, karena ombaknya yang kadang kurang bersahabat, sebaiknya berhati-hati dan jangan terlalu ketengah. Hal ini dikarenakan pantai Indrayanti langsung menghadap ke Samudra Hindia jadi tidak memiliki conture pantai yang landai.
Untuk masalah fasilitas di Pantai Indrayanti ini bisa dibilang sangat lengkap, dimulai dari lahan parkir luas, penginapan yang banyak serta faslitas pendukung lainya yang sudah ada disediakan seperti gasebo ataupun payung yang ada dipinggir pantai selain itu juga banyak warung makan untuk orang yang ingin mencicipi sea food.
Pantai Indrayanti Yogyakarta (JogjaAsik.com)

Harga Tiket Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Harga retribusi atau tiket masuk Pantai Indrayanti 2017 ini resmi dari TIC (Tourism Information Center) Gunungkidul berdasarkan Perda Kab. Gunungkidul No. 6 Tahun 2012 sebagaimana telah diubah dengan Perda Kab. Gunungkidul No. 17 Tahun 2013 maka Terhitung Mulai Tanggal 31 Januari 2014 diberlakukan Tarif Baru Tiket Masuk Obyek Wisata dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Tiket masuk Obyek Wisata Kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Sundak, Pulangsawal (indrayanti) dan Poktunggal sebesar Rp. 10.000,-/orang;
2. Tiket masuk obyek wisata kawasan Pantai Wediombo sebesar Rp. 5.000,-/orang
3. Tiket masuk obyek wisata kawasan Pantai Sadeng sebesar Rp. 5.000,-/orang
4. Tiket masuk obyek wisata kawasan Pantai Siung sebesar Rp. 5.000,-/orang
5. Tiket masuk obyek wisata kawasan Pantai Ngrenehan Rp. 5.000,-/orang
Pantai Indrayanti Yogyakarta www.pinterest.com

Lokasi Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal
Lokasi dari Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak dan Somandeng jika ditempuh dari jogja sekitar kurang lebih 2 jam.

Rute Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti dari Jogja:
Ada beberapa rute yang bias kalian gunakan untuk menuju Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal yaitu :
rute alternative pertama :
Jika kalian dari Jogja ikuti jalan - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Arah Hutan Bunder - Bundaran Tugu BPD - Jalan Lingkar Selatan - Jalan Girisubo - Wonosari » Jalan Saptosari - Tepus - dan jika sebelum masuk kawasan Pantai Baron ambil arah ke Timur menuju Pantai Sundak - Somandeng dan akirnya sampai Pantai Pulang Sawal (Indrayanti).
rute alternative kedua:
Jika kalian dari Jogja ikuti jalan - Imogiri - Panggang - Jalan Saptosari - Tepus - Ikuti Arah ke Pantai Baron - dan jika sebelum masuk kawasan Pantai Baron ambil arah ke Timur menuju Pantai Sundak - Somandeng dan akirnya sampai Pantai Pulang Sawal (Indrayanti). Jika masih binggung buka google maps kalian.

Nah jika sedang berada di Jogja atau ingin liburan dijogja, Pantai Indrayanti ini bisa jadi pilihan, selain tempat yang sudah memadahi, akses jalan juga mudah.

25 comments

  1. keren pantainya,,,kapan2 mau kesana gan,tq infonya

    ReplyDelete
  2. wah keren banget pantainya , makasih gan udah sharing :) kapan2 mau kesana ah mau foto2 yang banyak hehe

    ReplyDelete
  3. Keren bangett nih. Indrayanti aja belum apa lagi pantai pulang syawal.. sering ny ane mah ke parangtritis

    ReplyDelete
  4. wajib mampir ini mah :) makasih infonya...

    ReplyDelete
  5. hhe jadi pengen liburan kesini deh

    ReplyDelete
  6. memang bagus-bagus wisata alam indonesia
    namun baik pengunjung dan pengelola harus meningkatkan kebersihannya

    ReplyDelete
  7. ini salah satu target ane yang nantinya bakalan ane kunjungin wkwk

    ReplyDelete
  8. wahh, dilihat dari fotonya klihatan keren dan bersih gan :D Jadi pengen kesana hehe

    ReplyDelete
  9. bagus juga..bisa dijadikan referensi untuk liburan tahun depan nih hehehe

    ReplyDelete
  10. emang indah gan,tapi sayang dari tempat ane jauh banget

    ReplyDelete
  11. Wah saya jadi pengen kesana. Buat foto2 bagus tuh spotnya..

    ReplyDelete
  12. Kapan2 kesana deh, pas balik ke jogja

    ReplyDelete
  13. Pas banget buat liburan nanti. Thanks info nya gan

    ReplyDelete
  14. nice gan, pngen jalan2 ane, thanks infonya gan

    ReplyDelete
  15. Kalau lihat yang ginian, rasanya pengen segera muter gas motor..

    ReplyDelete
  16. Ini yang diGunung Kidul ya gan, keren sekali memang pantainya tahun 2015 saya ke Jogja sama anak anak, jadi pengen ke Jogja lagi

    ReplyDelete
  17. wuiih bagus bener pemandangannya, bisa jadi planing buat liburan nih

    ReplyDelete
  18. indah pemandanganya jadi pngen ke situ

    ReplyDelete
  19. pantai ny.bagus ,, bisa buat referensi liburan nih

    ReplyDelete
  20. keren pantainya gan tapi sayang masih lama pulkam ke jogja

    ReplyDelete
  21. Gila pemandangannya keren abis jadi kangen pengn ke pantai lagi

    ReplyDelete