Sunday 9 April 2017

24 Tempat Wisata Baru di Karanganyar yang sedang hits

Wisata Karanganyar – walaupun kabupaten Karanganyar tidak memiliki luas wilayah yang cukup besar, akan tetapi Kabupaten Karanganyar tidak p... thumbnail 1 summary
Wisata Karanganyar – walaupun kabupaten Karanganyar tidak memiliki luas wilayah yang cukup besar, akan tetapi Kabupaten Karanganyar tidak pernah mau ketingalan dari daerah yang lain dari segala bidang, dari perkembangan kota dan juga tentang tempat wisata. Untuk itu dikesempatan kali ini saya ingi membahas tentang objek wisata apasaja yang berada di Karanganyar. Berikut pilihannya.


1. Jembatan selfy 
Wisata Karanganyar atau wisata jembatan selfy ini terbilang sebagai tempat wisata yang masih sangat baru yang dimiliki Pemerintah Karanganyar. Wisata jembatan selfy ini terletak di Dukuh Tempel, Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Wisata jembatan selfy dikelola oleh penduduk sekitar dan Warga sekitar sering menamai Jembatan Selfie ini dengan nama wisata jembatan selfy Thuk Mangklung Indah (TMI).
Karena melihat prospek yang sangat baik, sehingga pengelola selalu ingin memberi kepuasan bagi setiap pengunjung dengan cara menambah fasilitas pendukung, serta menyediakan spot-spot untuk berfotoria. Karena sudah tak heran lagi jika pengunjung yang datang bukan hanya sekedar menikmati panorama alam sikar melainkan untuk berburu tempat-tempat baru yang bagus untuk berfoto. Dan nantinya foto tersebut akan di upload kedalam media social atau medsos seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain. 

 foto by Ig @luqman_muaziz  

2. Gunung Lawu
Wisata Karanganyar atau Wisata Gunung Lawu karanganyar terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Status dari Wisata gunung lawu karanganyar ini adalah gunung api yang telah lama tidak aktif tetapi di lerengnya masih terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara) sehingga bias dikatakan sebagai gunung api istirahat.
Wisata Gunung Lawu karanganyar memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan sebagi puncak tertinggi adalah Hargo Dumilah. Dan terdapat beberapa tempat yang populer sebagai tujuan wisata, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Banyak hal menarik tentang Gunung Lawu karanganyar ini, salah satunya adalah sebagai sumber inspirasi dari nama kereta api Argo Lawu, yaitu kereta api eksekutif yang melayani Solo Balapan-Gambir.

foto by Ig @insta_magetan

3. Air Terjun Grojogan Sewu
Wisata Karanganyar atau Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar terletak di lereng Gunung Lawu lebih tepatnya di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar merupakan bagian dari Hutan Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar.
Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar memiliki ketinggiaa sekitar 80 meter dengan debit air yang cukup deras . Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan terdapat air terjun lain, tetapi saat musim kemarau, banyak air terjun yang kering. Tempat Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar selalu ramai pengunjung dihari libur maupun dihari biasa.

foto by Ig @agung5141

4. Candi Ceto
Wisata Karanganyar atau Wisata Candi Ceto karanganya adalah salah satu dari beberapa kompleks candi Hindu yang diduga dibangun pada masa-masa akhir era Kerajaan Majapahit. Lokasi Wisata Candi Ceto karanganya berada di lereng Gunung Lawu pada dengan ketinggian 1496 m di atas permukaan laut, dan berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupate Karanganyar
Berdasarkan keadaannya ketika reruntuhannya mulai diteliti, Wisata Candi Ceto karanganya ini diperkirakan berusia tidak jauh berbeda dari Wisata Candi Sukuh karanganya, yang cukup berdekatan lokasinya. Dengan semakin perkembagan daerah maka Wisata Candi Ceto karanganya ini dimasukan kedalam destinasi wisata di Karanganyar.

foto by Ig  @wahyupangestutii

5. Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar
Wisata Karanganyar atau Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar berada di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Perkebunan teh ini merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan dari berbagai daerah di sekitar Karanganyar dan lainnya. Pesona alam pegunungan yang masih asri, dan Udara yang sejuk sehingga menarik minat para pengunjung untuk dating ketempat ini. Apalagi Jalur yang ditempuh untuk menuju ke Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar ini sejalan dengan jalur yang ditempuh apabila ingin ke Wisata Candi Ceto Karanganyar, Wisata Candi Sukuh Karanganyar dan Wisata Air terjun Jumog Karanganyar sehingga sangat menarik sekali untuk dikunjungi.

foto by Ig @mutiara_nuraini22

6. Agrowisata Sondokoro Tasikmadu
Wisata Karanganyar atau Wisata Sondokoro Tasikmadu Karanganyar, terletak di Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat wisata ini awalmulanya merupakan pabrik gula saja. Namun, pada perjalanannya untuk mendorong peningkatan industri pariwisata di Kabupaten Karanganyar, sejak tahun 2005 dibangun suatu tempat agrowisata yang lebih mengenalkan tentang pabrik gula sebagai ikon wisata.
Wisata Sondokoro Tasikmadu Karanganyar memiliki hawa sejuk dan teduh, karena terdapat banyak pohon-pohon besar yang rindang yang berada di area wisata. Untuk tiket masuk area Wisata Sondokoro Tasikmadu Karanganyar ini per orangnya dikenakan retribusi sekitar kurang lebih Rp5.000 dihari libur nasional.

foto by Ig @imanatahira

7. Air Terjun Jumog
Wisata Karanganyar atau Wisata Air terjun Jumog Karanganyar merupakan salah objek wisata air terjun di lereng Gunung Lawu. Daya tarik utama dari Wisata Air terjun Jumog Karanganyar ini adalah bentuk air terjunnya yang memiliki aliran berjumlah dua buah air terjun, sehingga sering disebut sebagai air terjun kembar. Selain itu sumber air dari Wisata Air terjun Jumog Karanganyar ini bias dibilang cukup deras. Jadi tak adasalahnya jika Keindahan Wisata Air terjun Jumog Karanganyar layak disandingkan dengan wisata air terjun yang sudah cukup dikenal di sekitar Karanganyar yaitu Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar di Tawangmangu.
Air Terjun Jumog terletak di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu berada di lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Rute termudah dengan mengikuti Jalan Raya Tawangmangu dan memasuki kawasan Wisata Alam Tawangmangu.

foto by Ig @jateng.keren

8. Bukit Sekipan
Wisata Karanganyar atau Nah, berbicara mengenai wisata alam, di Karanganyar terdapat sebuah wisata alam yang sangat cepat menarik wisatawan, namanya wisata Bukit Sekipan karanganyar. Sebenarnya kawasan wisata Bukit Sekipan karanganyar merupakanb tempat latihan TNI, namun kini wisata Bukit Sekipan karanganyar mulai sudah resmi dijadikan tempat wisata.
Wisata Bukit Sekipan karanganyar telah diresmikan pada bulan Juli 2015, sejak saat itu wisata Bukit Sekipan karanganyar langsung menjadi tempat wisata faforit di Karanganyar sehingga menarik minat banyak wisatawan, terutama wisatawan yang mencari wisata alam untuk berkumpul bersama keluarga.
Wisata Bukit Sekipan karanganyar menawarkan berbagai macam wahana seru yang bisa kita coba. Beberapa wahana atau fasilitas unggulan di Wisata Bukit Sekipan karanganyar, yaitu :Waterboom, Taman, Rumah Halloween, Outbond dan masih banyak lainnya.

foto by Ig@chaoecha

9. Wisata Karanganyar Taman Pancasila
Wisata Karanganyar atau menyimpan beraneka ragam tempat-tempat menarik yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan. Taman Pancasila sendiri merupakan wisata Karanganyar yang dapat dikategorikan sebagai wisata tempat menarik di kota Karanganyar, selain ada Alun-alun kota Karanganyar, Masjid Agung Karanganyar, Agrowisata Sondokoro dan tempat-tempat menarik lainnya. Taman Pancasila ini terletak di depan rumah dinas Bupati Karanganyar, tepatnya di sebelah timur kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar.
Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk menumbuhkan rasa nasionalis pada dirikita, selain itu sangat baik juga untuk dikenalkan dengan adik-adik kita tentang rasa cinta tanah air jadi tempat ini sangat direkomendasikan sekali untuk dikunjungi.

foto by Ig @taman_pancasila_karanganyar

10. Candi Kethek
Wisata Karanganyar atau Wisata Candi Kethek karanganyar merupakan salah satu dari situs bekas bangunan candi yang memiliki empat teras bertingkat yang menghadap ke arah barat. Masing-masing teras tersebut dihubungkan dengan undakan batu yang tersusun dengan sangat rapi. Nama Wisata Candi Kethek karanganyar tersendiri diambil dari banyaknya monyel (jika di artikan ke bahasa jawa yaitu Kethek) yang dahulu banyak ditemukan di daerah ini, sehingga masyarakat sekitar menamai tempat ini dengan Wisata Candi Kethek. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh sekitar 300 m dari wisata Candi Ceto, searah dengan jalur jalan menuju ke wisata Puri Taman Saraswati.
Lokasi Wisata Candi Kethek karanganyar berada di wilayah Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dan tidak jauh dari lokasi Wisata Candi Ceto karanganyar, yang sudah masuk kedalam lahan milik Perum Perhutani.

foto by Ig @atin_ning

11. Air Terjun Parang Ijo
Wisata Karanganyar atau Wisata Air Terjun Parang Ijo ini merupakan sebagian dari wisata alam yang berada di Kabupaten Karanganyar yang cukup menarik untuk dieksplor. Letaknya yang berada di Lereng Gunung Lawu, membuat suasana semakin menyegarkan jiwa. Apa lagi ditambah dengan panorama disekitar pasti membuat kalian betah untuk berlama-lama dilokasi ini. Wisata Air Terjun Parang Ijo ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan debit air yang lumayan deras.
Wisata Air Terjun Parang Ijo ini dapat tempuh sekitar 20 menit dari komplek wisata candi Cetho, dan Berjarak sekitar 2 km dari pertigaan Ngloro, sehingga membuat Wisata Air Terjun Parang Ijo ini selalu ramai oleh pengunjung, karena memiliki letak yang strategis dan saling berdekatan dengan objek wisata lainnya.

foto by Ig @octavianasusi

12. Agrowisata Kampung Karet
Wisata Karanganyar atau Agrowisata Kampung Karet terletak di Desa Puntukrejo Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar yang sudah masuk kedalam PT Perkebunan Nusantara IX. Kawasan wisata Agrowisata Kampung Karet bias dibilang sebagai kawasan wisata Edukasi dan cocok untuk liburan bersama teman dan keluarga. Agrowisata Kampung Karet telah dikemas dalam paket wisata yang menyediakan fasilitas seperti outbond, jogging track dan resto.
Agrowisata Kampung Karet berada di kawasan wisata alam lereng Lawu dengan suasana yang sejuk, nyaman cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga dan teman-teman pastinya.

foto by Ig  @haii_nurra

13. Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar
Wisata Karanganyar yang satu ini hampir sama dengan tempat wisata sebelumnya kawasan wisata taman hutan raya atau tahura memiliki aneka fasilitas menarik bagi para wisatawan. Fasilitas tersebut di antaranya adalah camping ground, outbond, dan . Tak hanya itu, Tahura juga punya jalur trekking tertata bagi pecinta hiking untuk jalur pendakian Gunung Lawu, serta wisata pendidikan flora fauna.
Selain itu didalam kawasan wisata taman hutan raya atau tahura memiliki puluhan koleksi tumbuhan asli Gunung Lawu. Selain memiliki puluhan koleksi tumbuhan asli kawasan wisata taman hutan raya juga mengkoleksi bermacam hewan, seperti rusa timor, rusa tutul, kancil, merak, ayam hutan, dan aneka burung.

foto by Ig @ratih_putri48

14. Puri Taman Saraswati Karanganyar
Wisata Karanganyar atau wisata Puri Taman Saraswati yang satu ini berlokasi di Dukuh Cetha, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Ditempat wisata Puri Taman Saraswati memiliki kawasan yang cukup luas dengan lantai keramik yang disusun rapi dengan satu undakan rendah di sekeliling dinding kolam. Selain terdapat sebuah patung suasana di tempat ini sangat mendukung untuk berrefreshing karena udara di tempat ini sagat sejuk dan menyegarkan.
Wisata Puri Taman Saraswati selalu ramai dengan pengunjung, tidak hanya dihari libur saja tetapi hampir setiap hari selalu saja ada wisatawan yang mengunjungi wisata Puri Taman Saraswati ini.

foto by Ig @ayes__

15. waduk Lalung
Wisata Karanganyar yang satu ini Letaknya di pusat Kabupaten Karanganyar, tepatnya di wilayah Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar Kota, Kabupaten Karanganyar. Merupakan salah satu waduk buatan di bawah kelola BKSDA Bengawan Solo. Sejak dicanangkan program pengairan dari pemerintah maka dibuatlah waduk yang diberi nama sesuai dengan lokasi berdirinya yaitu waduk Lalung. Jadi fungsi utama dari waduk ini adalah untuk irigari bagi warga sekitar.

foto by Ig @reskadevia

16. Telaga Madirda
Wisata Karanganyar atau wisata Telaga Madirda terletak di di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Telaga Madirda merupakan salah satu telaga alami yang berada di lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Memang keberadaannya wisata Telaga Madirda masih jarang diketahui wisatawan karena belum sepenuhnya dikembangkan sebagai kawasan wisata. Hampir seluruh wisatawan yang berkunjung di lereng Gunung Lawu hanya mengetahui Telaga Sarangan sebagai obyek wisata telaga atau danau. Jadi sangat disayangkan sekali jika tidak dikembangkan, tetapi mungkin saat ini sudah ada pihak yang mengembangkannya. Tempat ini sebetulnya memiliki dayatarik panorama yang yang cukup indah dan eksotis, jadi sangat menarik untuk dieksplor lebih jauh.

foto by Ig@shofiaanis

17. Museum Manusia Purba Kalster
Wisata Karanganyar atau wisata Museum Manusia Purba berada di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Area wisata Museum Manusia Purba terdiri dari beberapa bangunan mulai dari ruang diaroma, museum dan ruang audio visual.
Komplek museum mempunyai kontur tanah yang berbeda sesuai tahun terbentuknya tanah. Seperti Anjungan Notopuro merupakan anjungan yang berdiri diatas lapisan tanah yang terbentuk 250.000 tahun lalu, yang berisi fosil berupa banteng purba. Kemudian kompleks museum ruang diaroma berada dibagian paling bawah yang berisi tentang gambaran kehidupan manusia purba jaman dahulu lengkap dengan hewan-hewan yang hidup pada masa itu yang telah ditampilkan dengan tiga dimensi dan audio yang bagus, sehingga akan membuat pengunjung serasa dibawa kembali ke jaman peradaban manusia purba.


foto by Ig @aminrahmadi 

18. Watu Kandang
Wisata Karanganyar atau wisata Situs Watu Kandang merupakan situs peninggalan jaman prasejarah yang terletak di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, yang merupakan peniggalan jaman Megalithikum atau sekitar2500 – 1500 Sebelum Masehi. Wisata Situs Watu Kandang ini merupakan tatanan batu-batu alam yang terstruktur secara teratur dan digunakan sebagai tempat pemujaan kapada alam semesta terutama menyembah gunung-gunung pada zamat tersebut.
Tetapi sekarang wisata Situs Watu Kandang dijadikan tempat wisata sejarah dan menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang berada di Kabupaten Karanganyar yang sangat banyak menarik para wisatawan untuk berkunjung ketempat ini.

foto by Ig @yemimabasuki

19. Air Terjun Sewawar dan air terjun Sedinding Karanganya.
Wisata Karanganyar atau wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedinding berlokasi di Dusun Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedindingini telah di tetapkan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar sejak tahun 2015 dan hingga sekarang telah menarik banyak wisatawan. Tidak hanya wisatawan local atau wisata dari daerah Karanganyar saja yang sering mengunjungi tempat ini , tetapi banyak juga wisatawan dari daerah lain yang sering mengeksplor tempat ini.

 foto by Ig @ikhqayulianti

Jarak wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedinding jika dari pusat kota Karanganyar berjarak sekitar 25 kilometer. Kedua air terjun ini memiliki ketinggian yang berbeda Tinggi air terjun Sewawar sekitar 25 meter dengan lebar dasar aliran sekitar 15 meter. Sementara itu tinggi air terjun Sedinding sekitar 7 meter dengan lebar dasar aliran sekitar 2 meter.

foto by Ig @qqordhowi

20. Waterboom Tirta Guwo Indah
Wisata Karanganyar atau wisata Waterboom (kolam renang) Tirta Guwo Indah berlokasi di Kampung Guworejo, Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bagi anda yang senang bermain air atau berenang cocok sekali jika memasukan tempat wisata ini sebagai daftar destinasi wisata di Karanganyar. dengan lokasi yang berada di tengah kampung di kawasan hutan karet sehingga memiliki suasana yang sangat berbeda jika di bandingkan dengan wisata Waterboom pada umumnya.
Wisata Waterboom (kolam renang) Tirta Guwo Indah menempati lahan yang cukup luas kurang lebih hampir 2000 meter persegi dengan posisi di lereng bukit sehingga banyak memberikan keunikan tersendiri bagi tempat ini. Jadi bagi wisatawan yang datang ketempat ini akan diberikan panorama yang indah dan selain itu juga akan melihat sebagian lereng gunung lawu.

foto by Ig @tirtaebietkecil

21. Taman Air Mancur Laser
Wisata Karanganyar atau wisata Air mancur laser menjadi Ikon Baru di Karanganyar yang memadukan atraksi air mancur dengan permainan laser digital. Tetapi yang lebih membanggakan wisata air mancur laser seperti ini baru pertama yang ada di Jawa Tengah. Air mancur ini sudah memiliki teknologi canggih. Lokasinya berada di tengah Taman Gajah, kompleks Alun-alun Karanganyar. Keberadaan air mancur ini kini menjadi ikon baru di Karanganyar. Sehingga menjadi daya tarik wisata di malam hari di Karanganyar. Tak heran, tempat ini cukup menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung ke Karanganyar. Setiap masyarakat akan terpesona dengan keindahan warna-warni permainan air mancur yang meliuk-liuk dengan cahaya lampu yang berubah-ubah.

foto by Ig @sucisetiani_

22. Sapta Tirta Pablengan
Wisata Karanganyar atau wisata Sapta Tirta Pablengan Terletak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Karanganyar, tepatnya di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Sesuai dengan namanya, sapta kalau dalam bahasa Indonesia berarti 7(tujuh) tirta (mata air) jadi wisata Sapta Tirta Pablengan merupakan tempat wisata yang memiliki 7 sumber mata air.
wisata Sapta Tirta Pablengan sering dianggap sakral oleh masyarakat setempat dan sering dianggap memiliki khasiat yang berbeda dari setiap sumbermata airnya. Letak ketujuh mata air di kawasan ini pun saling berdekatan. Jarak dari setiap sumbermata air berkisar 1 – 13 meter. Tetapi uniknya, meski letaknya saling berdekatan, ketujuh mata air di sini memiliki kandungan berbeda-beda.

foto by Ig@inayah.sekar

23. Grojogan Jurang Jero
Wisata Karanganyar atau wisata grojogan Jurang Jero merupakan salah satu wisata alam yang berupa air terjun yang dimiliki Kabupaten Karanganyar. Nama Jurang Jero sendiri diambil dari nama dukuh yang terdekat dengan tempat ini yaitu dukuh Jurang Jero.
Wisata grojogan Jurang Jero atau Air terjun Jurang Jero ini menawarkan panorama air terjun yang indah serta panorama alam sekitar yang hijau dan menyejukan. Wisata grojogan Jurang Jero atau Air terjun Jurang Jero berlokasi di Desa Ndoplang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

foto by Ig @ghalang_angga


24. Candi Sukuh
Wisata Karanganyar atau Wisata Candi Sukuh karanganyar adalah salah satu dari beberapa kompleks candi agama Hindu yang berada di pulau Jawa lebih tepatnya di Karanganyar, Jawa Tengah. Wisata Candi Sukuh karanganyar ini dikategorikan sebagai salah satu candi Hindu, karena ditemukannya obyek pujaan seperti lingga dan yoni. Wisata Candi Sukuh karanganyar ini memiliki arsiterkur yang cukup unik karena bentuknya yang kurang lazim dan karena terdapat penggambaran alat-alat kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya.
Lokasi Wisata candi Sukuh karanganyar terletak di lereng kaki Gunung Lawu tepatnya di di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Dan memiliki jarak kurang lebih 20 kilometer dari kota Karanganyar dan 36 kilometer dari Surakarta.

foto by Ig @yudha_zena10

Jadi demikian beberapa destinasi wisata yang berada di Karanganyar, dan semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin berwisata di Karanganyar. Yang terpenting lagi agar Selalu ingat jika kita berwisata jagalah selalu kebersihan dan jagan pernah merusah sesuatu apapun yang ada dikawasan objek wisata. Oke salam piknik.

77 comments

  1. Karanganyar banyak tempat wisata nih.
    bisa travelling kesana
    thanks infonya gan

    ReplyDelete
  2. karanganyar banyak grojokane bos... mantab... sukoharjo menyapa

    ReplyDelete
  3. Keren gan nih deket rumah juga , bisa nih jadi rekomendasi buat main kesana

    ReplyDelete
  4. No. 1, 5 sama 7 kayanya paling mantap tuh.

    ReplyDelete
  5. Kapan-kapan bisa dicoba nih ,

    ReplyDelete
  6. jadi kepengen maen di air terjun sewawar gan..

    ReplyDelete
  7. asiknya klo bisa jalan-jalan kesana. cocok buat ajak pacar kesana, haha

    ReplyDelete
  8. Keren-keren tempat wisatanya min, semoga ane bisa kesalah satu tempat wisata itu.

    ReplyDelete
  9. bookmark buat jalan jalan sama calon istri gan hehe tempatnya indah-indah banget nih makasih infonya ...

    ReplyDelete
  10. Keren, kemarin sya ke Jawa Tengah tapi tidak sempat jalan-jalan,, nice info, keren objek wisatanya

    ReplyDelete
  11. kalau ada uang sama pacar ane main ;V

    ReplyDelete
  12. wah indonesia memang indah ya gan, hehe terus berbagi gan, pasti banyak tempat yg belum banyak diketahui , and thanks infonya

    ReplyDelete
  13. Dr dl pnasaran bgt pengen k Grojogan Sewu, Air terjun jumog, candi sewu n candi ceto.
    Kbetulan besok mau explore ksn, ada yg mau join trip??

    ReplyDelete
  14. Wah Tempat-tempatnya Keren & Seru Tuh Keknya Jadi Kepengen Kesana :D

    ReplyDelete
  15. Info yang bermanfaat buat jadi referensi travelling selanjutnya.

    ReplyDelete
  16. mantap gan pemandangannnyaaa.....

    ReplyDelete
  17. Kirain karang anyar cuma punya satu tempat aja, rupanya ada banyak ya

    ReplyDelete
  18. keren mas, jadi pengen pergi kesana. thanks infonya

    ReplyDelete
  19. wah ini di jawa tengah jozz

    ReplyDelete
  20. karena saya senang hiking, saya tertarik untuk naklukin gunung lewu

    ReplyDelete
  21. Mantapnjadi pengin ke sana

    ReplyDelete
  22. nomor 1 ama 7 paling mantap bener jadi kepengen berkunjung kesana gua . sayang aja jauh

    ReplyDelete
  23. Wisatanya keren-keren banget sumpah.

    ReplyDelete
  24. Pengen liburan kesana gan tapi masih sibuk kerja hehehehe

    ReplyDelete
  25. keren... lumayan buat referensi kalo liburan nih, say bookmark gan..

    ReplyDelete
  26. bagus artikelnya gan. senang bisa baca blog yang bisa menambah wawasan tentang tempat liburan

    ReplyDelete
  27. Jikalau tempat itu ada di daerah jogja. Pasti dah saya kunjungi semuanya

    ReplyDelete
  28. tempatnya mantep banget , pengen hiking ke gunung lawu nih 17 agustus kwkww nice info

    ReplyDelete
  29. Wih mantep banget tempat wisatanya.. Karanganyar jadi salah satu destinasi yg wajib dikunjungi buat traveller kaya ane.. Thanks gan infonya lengkap banget..

    ReplyDelete
  30. Benar benar destinasi wisata yang menakjubkan

    ReplyDelete
  31. bagus-bagus tempat wisatanya, terutama air terjun

    ReplyDelete
  32. indah sekali cocok untuk menikmati keindahan alam nusantara

    ReplyDelete
  33. Kalau ada banyak dana + waktu maulah ngnjungin destinasi eisata satu satu

    ReplyDelete
  34. Wah pengen ke karanganyar jadinya

    ReplyDelete
  35. bagus banget pemandanganya , jadi pengen kesana bareng pacar

    ReplyDelete
  36. wih mantep air terjunya, enak jg buat ngerendem wkkwk

    ReplyDelete
  37. Tempatnya bener-bener jos gandos

    ReplyDelete
  38. bisa buat referensi refreshing nih

    ReplyDelete
  39. Banyak banget yaa tempat wisata di Karanganyar. Kayaknya seru dan indah banget. Jadi pengen kesana.

    ReplyDelete
  40. ternyata banyak banget yah di karanganyar tempat wisata

    ReplyDelete
  41. Bagus bagus apalagi jembatan selfie dan candi sukuh. Mau kesana tapi gak ada uang.

    ReplyDelete
  42. Bagus2 gan tempatnya, kumpulim uang dulu ah barangkali ke sana.

    ReplyDelete
  43. wah sedih banget ane.... wisatanya bgus2 tp blum pernah kesitu... :(

    ReplyDelete
  44. Mantap tempat wisatanya... bisa jadi destinasi liburan ini..

    Belajar
    Magazine

    ReplyDelete
  45. boleh minta denah tempat wisata karanganyar yg jalannya bisa satu arah min..??

    ReplyDelete
  46. Jangan lupa ada kali pring kuning river tubing juga ya kak 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terimakasih infonya.mungkin bisa ditambahkan nanti atau buat artikel baru. 👍

      Delete
    2. Mohon info diatara tempat wisata yg ok tsb, yg bisa ditempuh dengan bus besar ( 50 seat) dan rombongan para peserta usia sepuh [>60 thn yang mana njih? Mohon infonya? Mtr nuwun

      Delete
  47. bagus banget tempatnya ngak kalah sama wisata lain
    tourjogja

    ReplyDelete
  48. Terimakasih untuk Sharing Artikelnya ya,
    Sekedar info bagi yang membutuhkan Sewa AC Jakarta bisa menghubungi kami ya.

    Info lebih lengkap tentang perusahaan kami bisa dilihat di sini : http://id.arthurteknik.com

    ReplyDelete
  49. Buy Twitter FollowersTwesocial helps you grow your twitter with real twitter followers. Buy Twitter followers and grow with active followers. Real results, real people. Get twitter followers now."

    ReplyDelete
  50. my friends make me agree to buy a diamond ring from a trusted online jeweler Visit here are one of the best among Online jewelers.

    ReplyDelete
  51. Thanks for this comlete list. I have check all of these websites, all are in working
    and I get many of the backlinks for my website. Thanks...

    Click Here

    ReplyDelete
  52. Writing a compelling caption that directly hits the essence of your post then visite herewill cherish the followers, and they will instantly smack the love button.

    ReplyDelete
  53. You will have to post quality pictures, share compelling content, manage feedback properly, and upload the material that is needed by the users .

    ReplyDelete
  54. I know you start to see the trend the following... Commercial Mortgage loan Financing can be utilized in almost any market for almost any commercial house. Speak along with your Business Finance Broker if you are ready to buy a Commercial Real-estate opportunity. www.financialgrow.us

    You will find all forms and shapes of fashion blogs as the internet is full of them. It can talk about the main benefit of wearing lanky jeans over boyfriend jeans or how pink takes the place of black plus all the extras. As you go online, you will get your fill of the latest in fashion trends via fashion blogs. www.newsvillage.us

    Many of us have heard your argument pertaining to spending additional now in quality to avoid wasting money after. But why don't you consider the result your purchase is wearing the entire world, shouldn't shopping ethically join in on the conversation too? www.shoppinguide.us

    ReplyDelete
  55. Health fitness points also propose that vices need to be stopped. Smoking predisposes that you vascular conditions like arteriosclerosis in addition to heart disorders. Alcohol consumption does not need to be taken out but need to be limited to help 30 jiggers daily only. Alcohol however has health advantages such seeing that vasodilation. These are just some of what Health fitness points recommend www.healthcareaffect.us

    Just about everyone has heard the particular argument regarding spending a lot more now about quality to save lots of money afterwards. But think about the influence your purchase has on the planet, shouldn't shopping ethically engage in the debate too? www.eventsshopping.us

    There are actually all documents and forms and sizes of fashion blogs being the internet is heaped with them. It can go over the main advantage of wearing thin jeans finished boyfriend a pair of jeans or the simplest way pink takes site of charcoal plus the whole set of extras. Whenever you go over the internet, you could get your fill of this latest in fashion trends with the aid of fashion blogs. www.serviceadvisories.com

    ReplyDelete
  56. i like your article and you may know about electronics shops in dubai by visiting our site

    ReplyDelete
  57. Thanks For sharing Awesome Post. Visit here for further information.

    ReplyDelete
  58. Thanks for Sharing Amazing Stuff Please Visit to know about Insta Stalker. Its Free of Cost

    ReplyDelete
  59. Top 5 PUBG Tips and Tricks - Latest PUBG Myths | New PUBG Glitches | Mythbusters in PUBG Mobile.
    Only 0.05% PUBG Players know about these Tricks. These Tricks will add Fun in your Gameplay. Must Watch.
    Top 5 PUBG Tips and Tricks - Latest PUBG Myths | New PUBG Glitches | Mythbusters in PUBG Mobile

    ReplyDelete
  60. How to improve Aim in PUBG Mobile - Like Pro | New Simulation Training | Advance Drills |Tips Tricks
    only 0.01% Players know about this training. Only Headshot Training.

    How to improve Aim in PUBG Mobile - Like Pro | New Simulation Training | Advance Drills |Tips Tricks

    ReplyDelete
  61. SEASON 17 Royal Pass PUBG Mobile - 1 to 100 RP Rewards SEASON 17| 1 to 100 Royal Pass Confirm Leaks


    SEASON 17 Royal Pass PUBG Mobile - 1 to 100 RP Rewards SEASON 17| 1 to 100 Royal Pass Confirm Leaks

    ReplyDelete

  62. Xiaomi Mi10t Unboxing - 90 FPS Gameplay | Best Phone for PUBG Mobile.
    Specification of Mi 10T
    OS Android 10, MIUI 12
    Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
    CPU Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.80 GHz Kryo 585)
    GPU Adreno 650


    Xiaomi Mi10t Unboxing - 90 FPS Gameplay | Best Phone for PUBG Mobile

    ReplyDelete
  63. 1K Subscribers - Special Montage | Clutch Moments | Best Ever | PUBG Mobile.
    A Worth Watching PUBG Montage. Must Watch.

    1K Subscribers - Special Montage | Clutch Moments | Best Ever | PUBG Mobile

    ReplyDelete
  64. M24 vs AR(Assault Rifle) Challenge | Just like 47 Khalifa | Aggressive Gameplay | PUBG Mobile
    An intense TDMN of PUBG. Must Watch and Commnet Am I Pro or Not?!!


    M24 vs AR(Assault Rifle) Challenge | Just like 47 Khalifa | Aggressive Gameplay | PUBG Mobile

    ReplyDelete
  65. good article bro. happy to be able to read blogs that can add insight about vacation spotsMobile Prices Bangladesh

    ReplyDelete
  66. Such great & useful knowledge you mentioned here.Your post is very informative. I have read all your posts and all are very informative. Thanks for sharing and keep it up like this. Jazz weekly internet packages

    ReplyDelete